• Kamis, 26 Mei 2022

Manfaat Daun Gedi yang Tidak Hanya Lezat Dijadikan Sayur Khas Sulawesi Utara

- Rabu, 19 Januari 2022 | 08:15 WIB
Daun gedi dapat dimanfaatkan untuk mendukung lezatnya masakan dan mempunyai manfaat kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Daun gedi dapat dimanfaatkan untuk mendukung lezatnya masakan dan mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com – Tanaman daun gedi dengan nama ilmiah Abelmoschus manihot L termasuk jenis sayur yang populer di Sulawesi Utara. Masakan khas asal provinsi ini seperti bubur manado dan sayur yondok menggunakan daun gedi.

Selain menambah cita rasa masakan kian gurih dan kental, daun gedi juga mempunyai kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Wajar saja jika tanaman bermanfaat ini juga dibudidayakan di tempat-tempat lain.

Cara perbanyakan tanaman daun gedi bisa menerapkan setek batang, layaknya tanaman singkong, bahkan daun dari tanaman ini juga mirip dengan dengan singkong.

Baca Juga: Percepat Luka Sembuh Secara Alami, Daun Yodium Dapat Dijadikan Salah Satu Pilihan

Tak kalah penting, selain sebagai pendukung lezatnya sejumlah masakan khas Sulawesi Utara, daun gedi juga mengandung banyak nilai gizi, bahkan bisa membantu mencegah dan mengatasi beberapa keluhan kesehatan.

Dikutip dari beberapa sumber, salah satu gizi pada daun gedi yaitu adanya kandungan vitamin A, sehingga bisa mendukung kesehatan mata. Jika bisa rutin mengkonsumsinya, antara lain bisa berperan menghindarkan aneka gangguan kesehatan pada mata.

Bahkan menjadikan indera penglihatan akan menjadi lebih cerah, tak kelihatan layu ataupun kecoklatan. Hal ini tak jauh beda ketika bisa rutin mengkonsumsi asupan berbahan wortel.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan, Salah Satunya Obat Jerawat

Sedangkan kandungan vitamin C pada daun gedi antara lain dapat membantu menjaga serta meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh secara alami.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X