• Kamis, 26 Mei 2022

Percepat Luka Sembuh Secara Alami, Daun Yodium Dapat Dijadikan Salah Satu Pilihan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 22:30 WIB
Daun tanaman yodium tampil khas dan bisa membantu mempercepat sembuhnya luka.  (Foto: Sulistyanto)
Daun tanaman yodium tampil khas dan bisa membantu mempercepat sembuhnya luka. (Foto: Sulistyanto)

 

JOGJA, harianmerapi.com – Beberapa tanaman berkhasiat obat dapat dijadikan pilihan untuk mempercepat sembuhnya luka. Salah satu di antaranya, yakni daun yodium.

Tanaman daun yodium ada pula yang biasa menyebut jarak cina dan jarak tintir. Bagian yang digunakan terutama getah dari daun yodium, misalnya pada tangkai daunnya cukup dioleskan pada luka.

Cara pemanfaatan daun yodium untuk mengobati luka sudah diterapkan secara turun-temurun ketika belum ada aneka merk obat kimia untuk mengatasi luka.

Adapun jenis luka, antara lain luka karena terjatuh, luka iris, tersandung batu maupun tergores benda tajam. Bahkan selain mempercepat sembuhnya luka, bisa membantu pula menghentikan pendarahan.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Seluruh Indonesia Rp14 Ribu, Berlaku Mulai Besok Rabu 19 Januari 2022

Sejumlah sumber lain menyebutkan, daun brotowali juga dapat membantu mempercepat sembuhnya luka. Caranya cukup menggunakan daun brotowali secukupnya.

Bahan alami ini dicuci bersih menggunakan air mengalir, lalu ditumbuk sampai halus. Hasilnya ditempelkan pada luka dan dalam sehari dapat diganti dua kali.

Jika menggunakan bagian batang brotowali, yakni beberapa potong batang brotowali dicuci bersih. Lalu direbus dengan air bersih sampai mendidih.

Baca Juga: Vaksin Booster Heterolog Diberikan Setengah Dosis, Begini Penjelasan Menteri Kesehatan

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X