• Minggu, 23 Januari 2022

Minumman Berbahan Empon-empon Berkhasiat untuk Kesehatan, Salah satunya Melancarkan Sirkulasi Darah

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:30 WIB
     Serai dijadikan pengaduk minuman berbahan empon-empon, bisa menambah citarasa dan khasiat kesehatan.     (Foto: Sulistyanto)
Serai dijadikan pengaduk minuman berbahan empon-empon, bisa menambah citarasa dan khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Bahan empon-empon serta rempah-rempah dapat diramu menjadi minuman yang berkhasiat untuk kesehatan secara alami.

Seperti halnya yang dikembangkan kuliner Wedang Kebon di Jalan Pathukan Bantulan Sidoarum Sleman, ada minuman yang mengombinasikan bahan alami rimpang jahe, serai dan jeruk nipis.

Disebutkan salah satu tim kuliner setempat, Yenny Christiana, masing-masing bahan mempunyai khasiat kesehatan tersendiri.

Baca Juga: Mengasah Hati Nurani Remaja dengan Iman agar Menjadi Pribadi yang Berperilaku Positif

Namun secara umum minuman tersebut dapat berperan melancarkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar antara lain bisa membantu mencegah serta mempercepat sembuhnya aneka gangguan kesehatan.

Selain itu bermanfaat juga untuk menghangatkan badan, menurunkan tingkat gula darah, anti kanker, membersihkan bakteri/infeksi jamur, musuh asam urat serta , radang saluran kencing.

“Bahan serainya sendiri dikenal mempunyai beberapa manfaat atau khasiat kesehatan, misalnya mencegah dan melawan perut kembung, menghangatkan badan serta memperlancar aliran darah di tubuh,” terangnya.

Serai dalam minuman alami tersebut dapat juga dijadikan sebagai pengaduk, gantinya sendok. Jika dibuat ramuan tersendiri untuk membantu mengatasi perut kembung, yaitu bisa  menggunakan dua batang serai, 25 gram kencur diiris tipis, 10 butir cengkeh dan empat butir kapulaga.

Baca Juga: Cerita Misteri Makhluk Halus Penghuni Dasar Sungai Mahakam Bertugas Menjaga Kelestarian Lingkungan

Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 500 cc atau satu gelas air. Lalu disaring serta diminum saat masih hangat.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kandungan Kalsium Ikan Salem Mampu Redakan Nyeri Haid

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:30 WIB
X