• Selasa, 26 Oktober 2021

Minuman Teh Sumber Antioksidan yang Bermanfaat Melawan Radikal Bebas

- Sabtu, 18 September 2021 | 17:06 WIB
          Minuman teh bisa ditambah jeruk nipis. (Foto: Sulistyanto)
Minuman teh bisa ditambah jeruk nipis. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman teh mempunyai nama ilmiah Camellia sinensis. Termasuk jenis tanaman asli Asia Tenggara dan telah ditanam di lebih dari 30 negara di dunia.

Selain itu teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Bahkan teh diyakini bisa sebagai sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen.

Baca Juga: Masa Uji Coba Pembukaan Taman Wisata Borobudur, Sebagian Pengunjung Masih Bingung

Ketika sebagai sumber antioksidan maka punya manfaat kesehatan seperti membantu melawan radikal bebas di tubuh. Ketika minum teh  terasa sedikit pahit merupakan kenikmatan tersendiri maupun memberi kegembiraan tersendiri, sehingga berdampak bagus bagi kesehatan.

Selain jenis teh biasa dengan inovasi dan kreasi, akhirnya ada juga beberapa jenis teh seperti teh hitam, hijau dan putih.

Ada lagi untuk meminumnya bisa dikombinasi dengan sejumlah bahan alami lain, seperti jeruk nipis/lemon dan telur bebek maupun telur ayam kampung (teh telur).

Baca Juga: Harimau Smarabumi Lawan Santet 2: Sengketa Air dan Batas Sawah Membuat Dendam Membara

Tak kalah penting, teh dengan aneka kandungan nutrisi/zat bermanfaat bagi tubuh banyak diminati berbagai kalangan. Manfaat kesehatan lainnya seperti ada kandungan mineral kalium dapat membantu mengurangi atau mencegah risiko hipertensi atau darah tinggi.

Ada pula kandungan alkoloid bisa membantu melawan sakit kepala atau migrain. Selain itu serat dalam teh diyakini juga bisa menyerap cairan, sehingga dapat membantu mengatasi diare, misalnya dibuat teh tubruk, dibuat lebih kental dan sedikit ampasnya termakan tak masalah.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Obat Alternatif Sariawan, Nomor 3 Jangan Pakai Gula

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Wolbachia: Solusi Demam Berdarah, Nyamuk Lawan Nyamuk

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:49 WIB

Karet Kebo Lancarkan Sirkulasi Darah dan Haid

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:01 WIB

Manfaat Jeruk Sunkist Sebagai Musuh Kolesterol Jahat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:00 WIB
X