• Senin, 23 Mei 2022

Sengkarut Tarif Parkir di Jogja, dari Nuthuk Hingga Mark-up

- Jumat, 21 Januari 2022 | 15:30 WIB
Kuitansi tarif parkir Rp 350 ribu yang viral ternyata akal-akalan kru bus. (Foto: instagram @infocegatanjogja)
Kuitansi tarif parkir Rp 350 ribu yang viral ternyata akal-akalan kru bus. (Foto: instagram @infocegatanjogja)

 

 

JOGJA kembali digoyang tarif parkir nuthuk yang viral di media sosial (medsos). Bahkan dalam unggahan di medsos diperlihatkan bukti foto kuitansi pembayaran tarif parkir hingga Rp 350 ribu untuk bus wisata.

Nomimal tarif yang harus dibayarkan tersebut meliputi tambahan jasa lain selain parkir, yaitu kamar mandi untuk pengemudi, kernet, pemandu wisata, air untuk mencuci bus, dan kebersihan.

 

Pengunggah menyebut  memanfaatkan parkir yang berada tidak jauh dari Malioboro pada Sabtu (15/1) malam dari pukul 21.00 WIB hingga 22.30 WIB untuk membeli oleh-oleh karena merupakan rute terakhir. Pun tidak ada aktivitas mencuci bus.

 Baca Juga: Kabur dari Pengawalan Sipir, Wanita Narapidana Lapas Wonosari Ditangkap Lagi Usai Kabur ke Bekasi

Atas unggahan tersebut, Pemkot Yogya melakukan investigasi dan akan menjatuhkan sanksi tegas terhadap pelanggar. Unggahan tersebut  sedikit banyak akan mempengaruhi citra Jogja sebagai kota pariwisata. Sudah jelas, tarif parkir sebesar itu merupakan bentuk pelanggaran atau lebih dikenal dengan nuthuk yang notabene masuk kategori pungutan liar.

 

Parkir liar dan nuthuk sebenarnya bukan fenomena baru di Jogja. Bahkan, sejumlah oknum yang terlibat pernah disidang tipiring di Pengadilan Negeri Yogya dengan pidana denda yang jumlahnya bervariasi. Sayangnya, saat unggahan diupload, aparat belum mendapat informasi jelas menyangkut tempatnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Sifat Bawaan Manusia

Jumat, 20 Mei 2022 | 06:03 WIB

Etos Kerja dalam Islam

Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:30 WIB
X