Fakta viral parkir Rp 350 ribu di sekitar Malioboro: ulah kru bus naikkan harga, pengelola parkir kena getah

- Kamis, 20 Januari 2022 | 13:47 WIB
Kuitansi tarif parkir Rp 350 ribu yang viral ternyata akal-akalan kru bus. (Foto: instagram @infocegatanjogja)
Kuitansi tarif parkir Rp 350 ribu yang viral ternyata akal-akalan kru bus. (Foto: instagram @infocegatanjogja)


JOGJA,harianmerapi.com-Viral parkir di sekitar Malioboro yang disebut ditarik dengan harga Rp 350 ribu membuat geger. Padahal faktanya, tarif nuthuk itu merupakan akal-akalan kru bus untuk memperoleh uang lebih.

Hal ni terungkap dari pemeriksaan Polresta Jogja terhadap pengelola parkir yakni AF (45). Dikatakan jika kenaikan tarif itu memang diminta oleh kru bus.

"Mark Up tarif parkir tersebut adalah permintaan dari kru bus wisata, dan menurut informasi dari petugas parkir itu memang sering dilakukan dengan tujuan mengambil keuntungan lebih dari tarif parkir," ujar Kasubag Humas Polresta Jogja Iptu Timbul Sasana Raharja kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Dikatakan Timbul, pihaknya belum memproses resmi kasus ini karena kenaikan tarif bukan inisiatif pengeloa parkir.

Baca Juga: Viral parkir Rp 350 Ribu di sekitar Malioboro: tarif resmi hanya Rp 150 ribu, free toilet dan gratis cuci bus

"Pengelola mengaku biasanya untuk tarif bus wisata yang menggunakan parkir di lokasi tersebut dikenakan biaya parkir sebesar Rp 150.000 dengan fasilitas free toilet dan mencuci kendaraan (bus)," tambah Timbul.

Dia menyebut lokasi parkir yang viral itu adalah Angkringan Jaman Edan Jalan Margo Utomo Jetis Kota Jogja. "Tanah parkir adalah lahan kosong yang dulunya adalah eks bangunan Kantor XL," sebutnya.

Seperti diketahui, unggahan di media sosial membuat geger lantaran seorang wisatawan mengaku diminta membayar Rp 350 untuk ongkos parkir di sekitar Malioboro.

"Kami hanya wisata lokal. Tidak bermaksud jelek. Cuma kami mau tanya apakah wajar parkir di wilayah sekitar Malioboro tepatnya di belakang hotel premium Zuri. Kalau nggak salah. Sebesar itu Rp 350.000. Sekitar 2 jam setengah, kami datang jam 21.00 malam dan pulang jam 22.30 malam," ujar unggahan di facebook Info Cegatan Jogja.

Baca Juga: Viral parkir Rp 350 Ribu di sekitar Malioboro, pengelola sebut tarif nuthuk atas permintaan kru bus

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X