Viral parkir Rp 350 Ribu di sekitar Malioboro, pengelola sebut tarif nuthuk atas permintaan kru bus

- Kamis, 20 Januari 2022 | 13:06 WIB
Polisi memeriksa pengelola parkir usai viralnya tarif parkir Rp 350 ribu di sekitar Malioboro. (Foto: dokumentasi Humas Polresta Jogja)
Polisi memeriksa pengelola parkir usai viralnya tarif parkir Rp 350 ribu di sekitar Malioboro. (Foto: dokumentasi Humas Polresta Jogja)

JOGJA,harianmerapi.com-Petugas Polresta Jogja sudah memeriksa pengelola parkir yang diviralkan memungut uang parkir Rp 350 ribu untuk bus wisatawan di sekitar Malioboro. Disebutkan jika tarif sebesar itu bukan inisiatif pengelola parkir namun dari kru bus agar bisa dapat keuntungan.

"Pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 pukul 14.45 Wib telah dilakukan pengecekan ke pengelola tempat parkir bus wisata Jaman Edan," ujar Kasubag Humas Polresta Jogja Iptu Timbul Sasana Raharja kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Dia mengatakan, polisi langsung menindalkanjuti viralnya tarif parkir itu. Ketike ditelusuri, lokasinya berada di parkir Angkringan Jaman Edan Jalan Margo Utomo Jetis Kota Jogja.

Baca Juga: Viral Tarif Parkir Rp350 Ribu, Pemkot Tegaskan Tidak Beri Toleransi Pelanggaran

Menurut Timbul, pengelola parkir yakni AF kemudian diperiksa. Saat itu dia membantah menarik tarif tak sesuai ketentuan. Dia menyebut yang sebesar Rp 350 ribu itu atas inisiatif kru bus agar memperoleh keuntungan.

"Pengelola parkir membantah meminta harga Rp 350 ribu. Dia menyebut harga itu atas dasar permintaan dari kru bus tersebut, sedangkan petugas parkir hanya menerima uang sebesar Rp 150.000," tambahnya.

Dikatakan jika awalnya bus itu datang pada 15 Januari sekitar pukul 21.00. Kemudian ditarik tarif bus wisata yang menggunakan parkir di lokasi tersebut sebesar Rp 150.000 dengan fasilitas free toilet dan mencuci kendaraan (bus).

Baca Juga: Relokasi PKL Malioboro Dipastikan Jalan Terus, Walikota Masih Simpan Kapan Waktu Pindahan

Seperti diketahui, unggahan di media sosial membuat geger lantaran seorang wisatawan mengaku diminta membayar Rp 350 untuk ongkos parkir di sekitar Malioboro. "Kami hanya wisata lokal.

Tidak bermaksud jelek. Cuma kami mau tanya apakah wajar parkir di wilayah sekitar Malioboro tepatnya di belakang hotel premium Zuri. Kalau nggak salah. Sebesar itu Rp 350.000. Sekitar 2 jam setengah, kami datang jam 21.00 malam dan pulang jam 22.30 malam," ujar unggahan di facebook Info Cegatan Jogja.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X