• Selasa, 6 Desember 2022

Muhasabah, Saat yang Tepat Ketika Pandemi Berkepanjangan

- Jumat, 10 September 2021 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Istimewa)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Istimewa)

PANDEMI Covid-19 yang belum kapan sirnanya adalah saat yang paling tepat untuk selalu melakukan muhasabah (introspeksi diri). Muhasabah adalah peninjauan atau koreksi terhadap perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan diri sendiri atau mawas diri.

Dengan kata lain, muhasabah bisa difahami sebagai sebuah upaya untuk menilai semua tindakan secara menyeluruh pada diri seseorang, yang kemudian mengilhami dirinya untuk melakukan perbaikan (ishlah).

Dengan demikian kehidupan seseorang akan selalu dalam kondisi yang stabil karena perbuatannya selalu dikontrol melalui muhasabah yang secara kontinyu dilakukannya.

Baca Juga: Pameran Lukisan di Wawasima Kafe, Upaya Menyelaraskan Rasa

Firman Allah dalam Surat al-Hasyr ayat 18: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Muhasabah merupakan sesuatu yang sangat penting untuk selalu dilakukan seseorang, terlebih lagi jika seseorang itu sedang dirundung kesedihan yang sangat berat dan berkepanjangan.

Dengan bermuhasabah seseorang akan dapat menyelami hatinya secara mendalam, mencari dan memikirkan pelajaran apa yang dapat diambilnya dari musibah yang membuat dirinya bersedih.

Baca Juga: SMKM 2 Turi Beri Pembekalan Tentang PKS dan PMR untuk Menuju Sekolah Berkemajuan

Kesalahan apa yang pernah dilakukannaya sehingga musibah ini datang silih berganti tanpa berkesudahan?

Dan untuk lebih jauhnya lagi seseorang dapat mengetahui langkah apa yang sebaiknya dilakukannya untuk mengakhiri kesedihan dan kembali bangkit dengan penuh semangat menjadi seorang muslim yang baru yang dapat menatap masa depan yang lebih baik lagi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hidup seimbang dalam keridhaan Allah SWT

Senin, 28 November 2022 | 05:46 WIB

Landasan utama penerapan pendidikan inklusi di Indonesia

Selasa, 22 November 2022 | 05:30 WIB

Bersikaplah jujur dalam setiap keadaan

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:02 WIB
X