• Kamis, 23 September 2021

Wajib Militer Korea Selatan dalam Serial 'Deserter Pursuit' Memicu Perdebatan

- Rabu, 15 September 2021 | 09:46 WIB
Serial televisi Korea Selatan D.P. atau Deserter Pursuit tayang perdana di Netflix pada akhir Agustus 2021.  (ANTARA/HO-Netflix)
Serial televisi Korea Selatan D.P. atau Deserter Pursuit tayang perdana di Netflix pada akhir Agustus 2021. (ANTARA/HO-Netflix)

JAKARTA, harianmerapi.com - Serial televisi “D.P” yang tayang di Netflix memicu kembali perdebatan di Korea Selatan mengenai sejarah skandal pelecehan di militer serta kebijakan wajib militer bagi laki-laki muda.

DP atau kependekan dari “Deserter Pursuit” telah menjadi salah satu serial televisi populer di Korea Selatan sejak ditayangkan perdana pada akhir Agustus.

Serial ini bercerita tentang polisi militer yang ditugaskan untuk menangkap desertir atau prajurit yang meninggalkan ketentaraan tanpa izin sekaligus menyoroti kehidupan sehari-hari saat wajib militer, termasuk pelecehan mental dan fisik dari tentara lain.

Baca Juga: Drama Korea Terbaru Yang Akan Hadir September Ini. Salah Satunya Drama Misteri 'High Class'

Sutradara Han Jun-hee mengatakan dirinya berusaha untuk menceritakan kisah yang memanusiakan tentang bagaimana sistem tersebut membuat para desertir menjadi korban dan penjahat, serta kerugian yang ditimbulkan bagi mereka yang terpaksa melakukan perburuan.

DP adalah kisah tentang melacak seorang pembelot. Tetapi pada saat yang sama, ini adalah kisah paradoks mencari putra, saudara, atau kekasih seseorang yang malang,” kata Han melalui sebuah pernyataan dalam surat elektronik (surel) kepada Reuters, dikutip Rabu.

Terkait popularitas serial tersebut, seorang juru bicara kementerian pertahanan mengatakan saat ini lingkungan militer telah berubah dan kementerian telah mencoba untuk memberantas pelecehan serta perlakuan kasar.

Baca Juga: Tarif Royalti Musik di Indonesia Sangat Rendah Dibandingkan Malaysia

Pekan lalu militer Korea Selatan mengumumkan pihaknya berencana untuk menghapus sistem yang memungkinkan tentara berpangkat tinggi dapat melacak prajurit yang melakukan desersi, bahkan rencana ini telah ada sebelum serial “DP” tayang. Perubahan itu mulai berlaku pada Juli 2022.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teaser 'KADET 1947' yang Segera Tayang di Bioskop

Selasa, 21 September 2021 | 11:05 WIB

5 Film yang Dapat Membangkitkan Jiwa Aktivismu

Sabtu, 18 September 2021 | 20:13 WIB

5 Alasan 'Squid Game' Harus Ditonton

Sabtu, 18 September 2021 | 09:05 WIB

Siap-siap, Besok Bioskop Buka Lagi di Beberapa Kota

Rabu, 15 September 2021 | 23:23 WIB
X