• Minggu, 27 November 2022

Sejarah perjalanan PKI di Indonesia: sudah lahir sejak zaman Belanda, makin eksis usai Indonesia merdeka

- Kamis, 29 September 2022 | 15:46 WIB
Diorama Museum Soeharto di Kemusuk menceritakan pengangkatan jenazah korban G30S PKI di Lubang Buaya, Jakarta Timur.  (Koko Triarko)
Diorama Museum Soeharto di Kemusuk menceritakan pengangkatan jenazah korban G30S PKI di Lubang Buaya, Jakarta Timur. (Koko Triarko)

 

HARIAN MERAPI - Partai Komunis Indonesia (PKI) dinilai sebagai kelompok pengkhianat bagi NKRI. Inilah perjalanan PKI di Indonesia yang ternyata sudah ada sejak Pemerintahan Hindia Belanda.

Sepak terjang tokoh komunis sampai bernama PKI ini terus berjalan dari waktu ke waktu. Berawal dari organisasi beranggotakan buruh, para tokoh sosialis dari Belanda menggarap Indonesia yang masih di bawah pemerintahan Kolonial Belanda.

Sebelum bernama PKI, pada 9 Mei 1914 di Indonesia berdiri organisasi bernama Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV).

Paham sosialis ini terus berkembang di Hindia Belanda (Indonesia) dan ajaran ini masuk ke kalangan Bumiputera rakyat Indonesia. ISDV adalah cikal bakal terbentuknya Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca Juga: Dua perwira TNI AD di Jogja ikut jadi korban G30S PKI 1965, jenazahnya dikubur di Kentungan

Banyak kaum Bumi Putera bergabung ISDV diantaranya seperti Semaun, Darsono, Alimin dan Muso. Mereka kemudian terus bergerak melawan kapitalisme pemerintahan Hindia Belanda.

Pada tahun 1920, ISDV berganti nama dengan PKH (Perserikatan Komunis Hindia Belanda)
Anggota mereka sebagian besar adalah kaum buruh dan tani. Dengan dalih membela rakyat, PKH ini pada tahun 1924 alih nama lagi menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Kemudian pada tahun 1926-1927 melancarkan gerakan demo besar besaran dan memberontak kepada pemerintahan Hindia Belanda dengan cara membuat kerusuhan.

Pemberontakan PKI ini ini berhasil dipadamkan oleh pemerintah Hindia Belanda. Selanjutnya tokoh komunis dibuang ke Rusia, seperti Semaun, Alimin dan Muso.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X