• Rabu, 5 Oktober 2022

Pencurian Ternak Makin Marak di Kulon Progo, Giliran Sapi Limosin Dituntun Maling

- Selasa, 22 Maret 2022 | 12:30 WIB
Polisi memeriksa kandang ternak yang disatroni pencuri di Kulon Progo. (Foto: Humas Polres Kulon Progo)
Polisi memeriksa kandang ternak yang disatroni pencuri di Kulon Progo. (Foto: Humas Polres Kulon Progo)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Aksi pencurian ternak belakangan ini marak terjadi di Kulon Progo. Terakhir, sapi jenis limosin milik Mardiyono (48) warga Gununggempal, Giripeni, Wates, Kulon Progo hilang dicuri.

Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, pencurian ternak milik Mardiyono terjadi pada Sabtu (19/3/2022). sapi betina berumur 1,5 tahun itu hilang di kandang Kelompok Tani Manunggal di Gununggempal.

"Sapi tersebut milik pribadi namun dipelihara di kandang kelompok. Jarak kandang sapi milik kelompok dengan rumah korban sekitar satu kilometer," kata Jeffry, Selasa (22/3/2022).

Ia menambahkan, pada malam harinya yakni Jumat (18/3/2022) Mardiyono masih sempat mendatangi kandang kelompok untuk memberi makan sapinya.

Baca Juga: Kandang Ternak Terbakar di Kulon Progo, Sapi dan Kambing Berhasil Diselamatkan

Ia tiba sekira pukul 19.00 WIB kemudian meninggalkan kandang pada pukul 20.00 WIB.
"Pagi harinya, sekira pukul 06.00 WIB korban kembali ke kandang untuk memberi makan sapinya namun hewan ternaknya sudah tidak ada di dalam kandang. Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke pihak berwajib," terang Jeffry.

Hasil olah TKP yang dilakukan petugas Polsek Wates menyebutkan, tali pengikat pintu kandang sudah dalam keadaan dibuka atau dilepas, namun masih menempel di tiang kandang.

Lokasi kandang yang berada di pinggir jalan dinilai memudahkan aksi pelaku membawa kabur hewan ternak curian.

Baca Juga: Dampak Virus Antraks di Gunungkidul, Volume Penjualan dan Harga Hewan Ternak Turun

"Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp 13 juta. Hingga kini, kasus pencurian ini masih kami dalami," kata Jeffry. *

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X