• Sabtu, 29 Januari 2022

Laksanakan Instruksi Kapolri, Polda DIY Siap Lindungi Warga dari Jerat Pinjol

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:04 WIB
Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto (Kiri) (Foto: Samento Sihono)
Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto (Kiri) (Foto: Samento Sihono)

JOGJA,harianmerapi.com-Polda DIY akan meneruskan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dengan menindak tegas penyelenggara pinjaman online ilegal. Alasanya, karena sangat merugikan masyarakat.

"Kejahatan pinjaman online Ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus," kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto SIK, Rabu (13/10/2021).

Pelaku kejahatan Pinjol, dikatakan, kerap memberikan promosi atau tawaran yang membuat masyarakat tergiur untuk menggunakan jasa tersebur. Sehingga menjadi salah satu penyebab banyaknya korban dari Pinjol.

Baca Juga: Polri dan OJK Diminta Tindak Tegas Pinjol Ilegal, Resahkan Masyarakat

"Harus segera dilakukan penanganan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," jelasnya.

Di tengah situasi Pandemi Covid-19, menurut Yuliyanto, penyelenggara Pinjol juga memanfaatkan situasi masyarakat yang perekonomiannya terdampak. Sehingga, warga banyak yang tergiur.

Padahal, Pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat. Bagaimana tidak, data diri korban bakal dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan apabila telat membayar ataupun tidak bisa melunasi pinjamannya.

Baca Juga: Pinjol Ilegal Menjamur, Pemerintah Diminta Bertindak Tegas

Bahkan ada beberapa kasus bunuh diri lantaran tidak mampu bunga yang besar dari Pinjol ilegal tersebut. "Banyak juga ditemukan penagihan yang disertai ancaman. Korban juga ada yang bunuh diri, tapi di luar Yogya," ucapnya.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X