• Rabu, 19 Januari 2022

Lisa Amelia Karyawan Swalayan yang Viral Gaji Dipotong Menghilang, Kemnaker Sebut Postingan Slip Gaji Hoaks

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:53 WIB
Slip gaji dengan potongan besar yang tak masuk akal viral di medsos (Foto: tangkapan layar instagram @berita_gosip)
Slip gaji dengan potongan besar yang tak masuk akal viral di medsos (Foto: tangkapan layar instagram @berita_gosip)

JAKARTA,harianmerapi.com-Kasus viral slip gaji yang diposting seorang karyawan swalayan di Lampung yakni Lisa Amelia masih berbuntut panjang. Kementerian Tenaga Kerja atau Kemaker turun tangan melacak nama itu dan dinyatakan tak ada. Postingan yang memprotes pemotongan gaji pun dinilai hoaks.

Kemnaker akhirnya turun tangan usai postingan itu viral bulan lalu. Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri menyatakan, postingan slip gaji itu ternyata diunggah oleh Riio Nevil Jarii, yang juga karyawan swalayan itu.

Dia menyebut nama Lisa Amelia tak ada dalam daftar nama karyawan swalayan. Juga dalam daftar kependudukan di lokasi swalayan yakni Pringsewu Barat Lampung.

Baca Juga: Nasib Karyawan Swalayan yang Posting Slip Gaji: Berhenti Kerja, Didenda dan Diancam Pidana

"Jadi tidak ditemukan data atas nama Lisa Amelia sebagai warga Kabupaten Pringsewu," ucapnya dalam pernyatan resmi yang diposting akun instagram @kemnaker dan dilihat Selasa (12/10/2021).

Dia pun berani menyebut jika postingan itu adalah hoaks. "Setelah kami melakukan koordinasi dan pengecekan, ternyata postingan itu hoaks dan tidak dapat dipertanggungjawabkan," ujar Indah.

Diberitakan sebelumnya, foto slip gaji yang vira itu dibayarkan pada 25 September 2021. Lisa Amelia kemudian memposting di media sosial facebook miliknya. Foto itu pun kemudian heboh dan diposting di banyak akun media sosial hingga akhirnya viral pada Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Lisa Amelia Karyawan Swalayan di Lampung Juga Terancam Pidana Usai Viral Postingan Slip Gaji

Dalam postingan di akun pribadinya, Lisa menuliskan curhatannya. "Ya ampun, udah gaji kecil, kena potongan segini banyak juga," kata Lisa.

Dia mengaku mendapat gaji pokok Rp 1 juta dan bonus Rp 50 ribu. Kemudian yang bikin kaget, ada potongan cuti sakit selama tiga hari Rp 300 ribu, kemudian keterlambatan sehari Rp 150 ribu dan kompensasi barang hilang Rp 232 ribu.otal dia hanya mendapatkan uang Rp 368 ribu.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sukabumi dan Sekitarnya Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

Senin, 17 Januari 2022 | 08:50 WIB
X