• Selasa, 31 Januari 2023

Drone jenis quadcopter dilengkapi AI terpilih juara II dalam lomba tingkat nasional, Technogine 2022

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:26 WIB
 Tim dari UMY berhasil meraih juara II dalam perlombaan Technogine 2022 Kategori Technology Vertical Drone Mission.   ( Foto: Dok BHP UMY)
Tim dari UMY berhasil meraih juara II dalam perlombaan Technogine 2022 Kategori Technology Vertical Drone Mission. ( Foto: Dok BHP UMY)

HARIAN MERAPI - Perlombaan teknologi tingkat nasional bertajuk Technology Imagine (Technogine) 2022 yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika Universitas Telkom sukses digelar.

Rangkaian lomba dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu, namun perlombaan inti Technogine 2022 digelar pada Januari 2023, baru-baru ini. Tak kurang dari 15 perguruan tinggi negeri/swasta mengikuti perlombaan bergengsi tersebut.

Suatu prestasi membanggakan, di bawah naungan Research Technology of Flight Aerogear, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tim yang diketuai Fallah Alfrido Firmansyah berhasil menyabet juara II Kategori Technology Vertical Drone Mission.

Baca Juga: Gawat, domain pemerintah disusupi situs judi, begini langkah Kominfo

Selain Fallah, tim tersebut ada pula mahasiswa UMY lainnya, yakni Wahyu Aji Pratama, Miftahul Faruq Ibnul Fatoni dan Muhammad Ihsan.

Menurut Fallah, timnya menampilkan drone jenis quadcopter yang dilengkapi atau ditambah dengan Artificial Intelligence (AI). Drone ini dapat membaca warna objek dari suatu benda yang diidentifikasi. “Drone karya kami juga dapat menjatuhkan paket atau barang sesuai dengan warna yang diinginkan. Kesulitan dari pembuatan drone pada perlombaan ini terletak pada penambahan AI-nya,” ungkap Fallah.

Dalam pembuatan AI, sebutnya, harus dipadukan dengan sistem drone agar drone tersebut berjalan stabil dan tidak error. Wajar jika dalam pembuatan drone tersebut membutuhkan waktu tak singkat.

Baca Juga: Ki Joko Wasis biasa melukis sambil berjalan kaki, sebagian karya lukisnya disedekahkan

“Alhamdulillah, kami merasa senang, akhirnya bisa menjuarai perlombaan ini. Terlebih lagi, ini adalah pertama kami mengikuti perlombaan dengan kategori drone vertikal,” terang Fallah.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMAN 1 sukses gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

Senin, 23 Januari 2023 | 08:30 WIB
X