UMBY bantu pengembangan ruang publik dan ekowisata, diharapkan berdampak positif pada banyak aspek

- Senin, 14 November 2022 | 21:40 WIB
Foto bersama sebagian peserta dan panitia diskusi publik di Widoro, Bangunharjo, Sewon.  (Dok. Humas UMBY)
Foto bersama sebagian peserta dan panitia diskusi publik di Widoro, Bangunharjo, Sewon. (Dok. Humas UMBY)

HARIAN MERAPI – Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (Fikomm) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Widoro, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

Dua dosen dari UMBY tersebut terdiri dari Dr St Tri Guntur Narwaya MSi dan Arief Nuryana MIKom. Rangkaian kegiatan PkM dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat Kelurahan (LPMKAL) Widoro dan Majelis Al Barqu di padukuhan setempat.

Salah satu kegiatan PkM yang telah dilaksanakan, akhir pekan lalu, yaitu diskusi publik dengan tema, Merancang Kampung Peduli Melalui Pengembangan Ruang Publik dan Ekowisata Mbelik Sumilir di Widoro.

Baca Juga: Masyarakat keluhkan pelayanan petugas RSUD Wates, DPRD Kulon Progo siapkan rekomendasi

Sebagai nara sumber diskusi publik terdiri dari, Dr St Tri Guntur Narwaya MSi (Fikomm UMBY), Riyanto SE (Ketua LPMKAL Widoro dan Rika Apriyanto (Humas Desa Wisata Mbelik Sumilir, Widoro).

Menurut Tri Guntur Narwaya, visi dan filosofi dasar dari gagasan ekowisata desa harus bisa menyentuh kebutuhan untuk memberikan akses seluasnya terhadap aktualisasi, ekspresi dan relasi warga masyarakat.

“Dengan demikian, ruang publik dan ekowisata desa menjadi satu jawaban untuk merespon semakin sempitnya ruang publik yang sehat bagi masyarakat serta kemungkinan alternatif pengembangan aspek ekonomi kreatif warga,” paparnya.

Baca Juga: Menilik Museum Muhammadiyah, inilah data dan faktanya...

Sedangkan Riyanto mengungkapkan, menyambut baik dan merasa senang dengan adanya gagasan pengembangan ruang publik dan ekowisata di Widoro Bangunharjo.

“Kami berharap akan berdampak positif pada banyak aspek, misalnya aspek kohesi sosial, kesejahteraan ekonomi, kehidupan ruang publik dusun yang sehat dan masih banyak lagi,” ungkap Riyanto.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMAN 1 sukses gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

Senin, 23 Januari 2023 | 08:30 WIB
X