• Kamis, 6 Oktober 2022

Tim Pengabdian Masyarakat UMY, Lakukan Pendampingan Perintisan BUMDes Ringinharjo Bantul

- Jumat, 29 Juli 2022 | 07:00 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat UMY saat menyampaikan materi dalam pendampingan perintisan BUMDes Ringinharjo Bantul (Dok LPM UMY)
Tim Pengabdian Masyarakat UMY saat menyampaikan materi dalam pendampingan perintisan BUMDes Ringinharjo Bantul (Dok LPM UMY)

 SALAH satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah melalui pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes pada dasarnya merupakan badan hukum yang didirikan oleh desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Dengan demikian BUMDes adalah entitas ekonomi di tingkat desa yang berperan penting bagi kesejahteraan masyarakat desa. Di Kabupaten Bantul sampai saat ini baru ada 26 BUMDes. Salah satu desa yang belum mempunyai BUMDes adalah Desa Ringinharjo.

Berkaitan dengan hal tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang terdiri atas Ketua Muhamad Haris Aulawy, S.H.,M.Hum dan anggota Dr. Bagus Sarnawa, S.H.,M.Hum serta Dr. Beni Hidayat, S.H.,M.Hum melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Ringinharjo.

Baca Juga: MUI DIY gelar workshop seni budaya Islam di Masjid Jogokaryan

Kegiatan digelar dalam upaya mendorong serta menginisasi pendirian BUMDes sehingga terjadi akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Ringinharjo, mengingat berbagai potensi yang dimiliki oleh Desa Ringinharjo.

Anggota Tim Pengabdian Mayarakat, Dr Bagus Sarnawa SH MHum, Kamis (28/7) menjelaskan, kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan pada Kamis 9 Juni 2022 pukul 09.00 sampai selesai di Aula Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul. Dalam acara tersebut ada dua pemateri yaitu Muhamad Haris Aulawy,S.H.,M.Hum dan Iskandar Bukhori, S.H.,S.E., M.Si.

Muhamad Haris Aulawy memberikan materi seputar aspek hukum pendirian BUMDes, sementara Iskandar Bukhori menyampaikan materi berkaitan dengan aspek ekonomi perintisan pendirian BUMDes.

Baca Juga: Kader Partai Golkar akan polisikan Ketua Umum KNPI terkait pencemaran terhadap Airlangga Hartarto

Dalam merintis BUMDes, diperlukan strategi tertentu, agar supaya BUMDes bisa berdiri dan bertahan serta memberikan keuntungan. Ketiadaan modal bukan merupakan hambatan, yang terpenting adalah usaha tersebut dibutuhkan masyarakat dan mempunyai nilai khusus yang membedakan dengan usaha-usaha yang sudah ada sebelumnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X