• Sabtu, 10 Desember 2022

ICoSI UMY digelar 2 hari, terungkap jika Indonesia miliki visi menjadi negara berpendapatan tinggi

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 13:07 WIB
  Pelaksanaan ICoSI ke-6 yang diprakarsai UMY dan kerjasama dengan beberapa universitas lain. (Foto: Dok BHP UMY)
Pelaksanaan ICoSI ke-6 yang diprakarsai UMY dan kerjasama dengan beberapa universitas lain. (Foto: Dok BHP UMY)


harianmerapi.com- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar International Conference of Sustainable Innovation (ICoSI)selama dua hari pada pertengahan minggu ini.

Sebagai pembicara utama dalam kesempatan tersebut, yakni Prof Ir Teuku Faishal Fathani PhD IPU ASEAN Eng (Pelaksana Tugas Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Teuku antara lain memaparkan tentang transformasi instansi pendidikan tinggi dalam pemeliharaan sumber daya manusia yang kreatif dan kompetitif untuk inovasi berkelanjutan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Besok 24 Juli 2022, rencanakan keuangan jangka panjang, kepikiran bisnis bareng teman

“Pada tahun 2022 ini, posisi Indonesia masih berjuang sebagai negara ekonomi dengan pendapatan upper middle, yang mana Indonesia memiliki visi untuk menjadi negara dengan pendapatan tinggi pada tahun 2045 mendatang,” urai Prof Teuku.

Untuk itu, sebutnya, kita perlu mengimprove banyak hal, inovasi, bisnis, dan riset. Dalam hal ini kita memiliki empat pilar transformasi, di antaranya adalah lolos dari jebakan ekonomi berpenghasilan menengah dengan melakukan berbagai inovasi ekonomi.

Selain itu juga memperbaiki indeks daya saing dengan meningkatkan inovasi, memenuhi ekspektasi masyarakat dengan menghadirkan agen perkembangkan ekonomi, serta memperbaiki daya saing universitas dengan meningkatkan publikasi internasional.

“Pada akhirnya, kita juga harus melakukan perbaikan daya saing dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Prof Teuku.

Baca Juga: Peruntungan Shio Kerbau Minggu 24 Juli 2022, mungkin ada beberapa kesulitan yang menunggumu

Lebih lanjut, Teuku menambahkan, melalui konferensi internasional seperti ICoSI tersebut, dengan adanya diskusi intens dengan para pemangku kepentingan, diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk memperbaiki daya saing universitas.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perwakilan UKDW raih juara 2 dalam KMI Expo XIII

Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:34 WIB
X