• Kamis, 6 Oktober 2022

7 dokter lulusan UMY disumpah, ketua IDI DIY: Junjung kehormatan diri dan jaga profesionalitas

- Kamis, 28 Juli 2022 | 13:33 WIB
Foto bersama usai prosesi sumpah dokter lulusan FKIK UMY.  (Foto: Dok BHP UMY)
Foto bersama usai prosesi sumpah dokter lulusan FKIK UMY. (Foto: Dok BHP UMY)


harianmerapi.com – Para dokter muda sudah selayaknya bisa lebih disiplin dalam menerapkan kode etik profesi sebagai dokter.

Selain itu para dokter juga harus selalu memperhatikan kode etik sebagai dokter di manapun berada melakukan pekerjaan sebagai dokter.

Demikian ditegaskan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah DIY, dr Joko Murdiyanto SpAn MPH saat sambutan rangkaian sumpah 7 dokter angkatan 73 lulusan Program Studi Pendidikan dan Profesi Kedokteran Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (27/07/2022).

Ketua IDI DIY dalam acara yang diselenggarakan di Gedung Erwin Santosa OSCE Centre, Gamping Sleman tersebut juga menegaskan, setiap dokter penting untuk bisa komunikasi yang baik dengan para pasien.

Baca Juga: Ritual untuk merayakan malam 1 Suro banyak kejadian mistis, salah satunya di Gunung Mijil

“Tak kalah penting, ilmu kedokteran merupakan ilmu yang mulia, maka dengan begitu para dokter harus bisa menjaga kehormatan diri dan menjaga profesionalitas sebagai dokter,” tutur dr. Joko.

Sementara itu Prof Dr Nano Prawoto SE MSi sebagai Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Manusia UMY menjelaskan, tujuh dokter baru tersebut akan bergabung dengan para lulusan dokter dari FKIK UMY dengan jumlah total 3.648 orang.

Ia juga sependapat, profesi dokter merupakan profesi yang sangat mulia dan profesi terpercaya di dunia. Hal ini menjadi luar biasa bagi para dokter yang disumpah atas capaian serta langkah awal kalian untuk mengabdi kepada masyarakat luas.

Hal senada diungkap Dekan FKIK UMY, Dr dr Sri Sundari MKes, bahwa sumpah dokter tersebut merupakan sebuah langkah awal bagi para dokter yang baru saja disumpah sebagai seorang dokter yang didedikasikan untuk masyarakat.

Baca Juga: Kronologi Kopda Muslimin ditemukan tewas di rumah orangtuanya di Kendal, sempat minta maaf karena salah

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X