• Sabtu, 28 Mei 2022

Prof Dyah Mutiarin Menjadi Guru Besar Perempuan Pertama UMY

- Sabtu, 6 November 2021 | 09:40 WIB
Prof Dr Dyah Mutiarin SIP MSi (Dok Humas UMY)
Prof Dr Dyah Mutiarin SIP MSi (Dok Humas UMY)

 

 

JOGJA, harianmerapi.com - Penelitian tentang Pemerintahan dan Kebijakan Publik mengantarkan Prof Dr Dyah Mutiarin SIP MSi meraih gelar Guru Besar dalam bidang Ilmu Pemerintahan.

Prestasi ini sekaligus menjadikan Prof Dyah Mutiarin menjadi guru besar perempuan pertama yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Menurut Prof Dyah, penelitian yang dilakukannya berfokus kepada manajemen pemerintahan dan inovasi kebijakan publik yang ada di dalam pemerintahan.

Baca Juga: Kabar Duka dari UGM, Dekan Fakultas Peternakan Meninggal Akibat Kecelakaan di Tol Cipali

“Pemerintahan yang adaptif, inovatif, responsible atau pemerintahan cergas atau agile government sangat diperlukan dalam mengelola kebijakan publik, terlebih di masa pandemi ini,” ungkapnya.

Prof Dyah yang Kepala Lembaga Riset dan Inovasi UMY ini memberikan contoh, dalam menangani pandemi Covid-19, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah membuat kebijakan, namun kebijakan tersebut sering mengalami perubahan.

Kemudian juga melakukan inovasi kebijakan dari pengalaman di lapangan, tentunya hal ini memerlukan model birokrasi yang giat/gesit/cekatan dalam sebuah pemerintahan.

Bahkan juga memerlukan penguatan pelibatan masyarakat untuk mengontrol kebijakan tersebut,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X