• Selasa, 24 Mei 2022

Orientsi Mahasiswa Baru UMY, Kenalkan Kampus dan Kultur DIY dengan 'Induction Day'

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Tangkapan layar peserta acara Induction Day.  ((Humas UMY))
Tangkapan layar peserta acara Induction Day. ((Humas UMY))

KEGIATAN bertajuk “Induction Day” adalah masa orientasi bagi mahasiswa baru asal luar negeri yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pada tahun ajaran ini diikuti 41 mahasiswa dari luar negeri (asing) dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Menurut Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM, Induction Day tak hanya sebatas agenda pengenalan kampus UMY, namun juga sebagai pengenalan kultur yang ada di DIY maupun Indonesia secara luas.

Ia sangat berharap, segenap mahasiswa asing tetap bersemangat dalam menuntut ilmu di UMY, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca Juga: Memicu Kurangnya Minat Investor Berinvestasi, Konflik Pertanahan Harus Segera Diselesaikan

“Meskipun saat ini masih dalam suasana pandemi, mahasiswa harus bersemangat dalam menempuh studi, UMY akan memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan mahasiswa selama menempuh masa studi,” katanya, Senin (4/10/2021).

Sedangkan fasilitas-fasilitas yang didapatkan para mahasiswa asing, lanjut Gunawan, antara lain mendapatkan biaya full beasiswa selama menempuh pendidikan di UMY, living cost termasuk biaya kebutuhan sehari-hari.

Mahasiswa juga diimbau untuk tidak mengambil pekerjaan apapun selama menempuh masa studinya, sebab hal ini melanggar peraturan pemerintah yang mana visa pendidikan tidak boleh digunakan untuk bekerja.

Baca Juga: Dengan Manajemen Pemeliharaan yang Baik, Domba Bisa Sehat dan Menguntungkan

Adapun 41 mahasiswa asing yang kuliah di UMY tahun ini berasal dari 18 negara, yaitu Yaman, Sudan, Egypt, Iraq, Palestine, Somalia, Algeria, Eritrea, Nigeria, Gambia, Mali, Brunei Darussalam, Maroko, Guiniea Bissau, Bangladesh, Mexico, Kenya dan Pakistan. Rangkaian acara Induction Day, antara lain ada sharing session dari mahasiswa asing yang sudah menempuh pendidikan di UMY lebih dahulu.

Salah satunya, Abdul Jahid asal Bangladesh mengatakan, “UMY memiliki banyak prestasi, semoga kalian juga bisa berprestasi. Jika kalian nanti sudah datang di Jogja, kalian akan merasakan hangatnya orang-orang di sini, mereka ramah-ramah dan baik-baik orangnya,” papar Abdul.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X