• Kamis, 23 September 2021

Dosen PBI UMY Adakan Pelatihan Mengemas Makanan Kecil Agar Menarik dan Meningkatkan Daya Jual

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 00:11 WIB
Taufikana saat memberi pelatihan wirausaha mengemas ulang makanan kecil di Celeban Umbulharjo Yogya. Dokumen PBI UMY (Taufikana saat memberi pelatihan wirausaha mengemas ulang makanan kecil di Celeban Umbulharjo Yogya. Dokumen PBI UMY)
Taufikana saat memberi pelatihan wirausaha mengemas ulang makanan kecil di Celeban Umbulharjo Yogya. Dokumen PBI UMY (Taufikana saat memberi pelatihan wirausaha mengemas ulang makanan kecil di Celeban Umbulharjo Yogya. Dokumen PBI UMY)

YOGYA,harianmerapi.com- Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pelatihan wirausaha mengemas ulang makanan kecil guna meningkatkan daya jual. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan di Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta dengan melibatkan ibu-ibu PKK RT 50/RW 12.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk lebih memberdayakan kaum perempuan ini dibiayai LP3M UMY melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM)-Hibah Internal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) UMY bekerja sama dengan mitra Kelompok PKK RT 50 RW 12 Celeban Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.

"Perempuan dalam keluarga semakin dituntut ikut berperan dalam berbagai hal, termasuk dalam membantu ekonomi keluarga. Wirausaha dengan mengemas ulang makanan kecil memberi peluang perempuan untuk menjalankan peran tersebut," ujar dosen PBI UMY, Maryam Sorohiti MHSc yang sekaligus sebagai Ketua Pengusul kegiatan tersebut, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: BAGIAN HAN  FH UMY GELAR DISKUSI - Telaah Kritis UU Ciptaker, Perpu atau JR ke MK ?

Kegiatan ini juga melibatkan dosen PBI UMY Eko Purwanto PhD yang juga anggota Pengabdian Masyarakat. Turut serta membantu acara tersebut mahasiswa PBI UMY Andika Fitra Nurcahya.

Maryam menjelaskan, pelatihan mengemas ulang makanan kecil ini dilaksanakan mulai bulan April – Juli 2021 dengan menggunakan metode utama berupa sosialisasi, pelatihan, demonstrasi dan praktik terbimbing kepada anggota PKK.

Sedangkan langkah-langkah kegiatan yang dilakukan selama program meliputi inisisasi dan need analysis kepada ketua PKK RT 50/RW 12 Celeban, analisis pengetahuan masyarakat mengenai repacking makanan kecil, pemberian pelatihan repacking makanan kecil pada anggota PKK, pendampingan kepada anggota dalam memilih jenis makanan kecil yang akan dijual, mengemas kembali, dan memasarkan makanan kecil tersebut.

"Melalui kegiatan Abdimas ini, peserta pelatihan telah ikut serta dan diberdayakan dalam mendukung ekonomi keluarga," jelasnya. Pelatihan mengemas makanan kecil ini diberikan oleh H Taufikana SE selaku pemilik 'Madu Kahil' Yogyakarta sekaligus praktisi desain grafis.

Baca Juga: SEMINAR HUKUM BISNIS DI UMY- Kepatuhan Hukum Wujudkan Wirausaha Mandiri

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengemplang Uang Arisan Online di Salatiga Dibui Polisi

Kamis, 23 September 2021 | 13:01 WIB
X