• Rabu, 8 Desember 2021

Musyawarah Tingkatkan Kualitas Prodi Teknik Mesin

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:20 WIB
Foto bersama usai pembukaan musyawarah BKS-TM di UMY.  (Dok.Humas UMY)
Foto bersama usai pembukaan musyawarah BKS-TM di UMY. (Dok.Humas UMY)

PEMBUKAAN musyawarah Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia dengan tuan rumahnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dilaksanakan secara daring melalui kanal Zoom Meeting, Selasa (12/10/2021).

Musyawarah BKS-TM ke-19 ini diikuti 230 peserta dari seluruh Indonesia. Acara juga dirangkai dengan kegiatan lain seperti Seminar Nasional maupun lomba rancang bangun mesin tingkat nasional, 13-14 Oktober 2021 atau selama dua hari. Adapun pemberi sambutan saat pembukaan musyawarah BKS-TM, antara lain Ketua Sekjen BKS-TM, Prof Dr Ario Sunar Baskoro ST MT MEng dan Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM.

Prof Ario sangat berharap dengan adanya musyawarah BKS-TM ini bisa membuat program studi (Prodi) Teknik Mesin di Indonesia lebih baik lagi. Artinya juga dapat meningkatkan kualitas Prodi Teknik Mesin di perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Kejari Temanggung Gelar Program 'Jaksa Masuk Sekolah', Tingkatkan Kesadaran Hukum Pelajar

“Semoga dengan adanya musyawarah hari ini bisa mengasilkan inovasi berkelanjutan untuk menghasilkan sumber daya yang mumpuni, sehingga hal tersebut menjadikan kualitas Prodi Teknik Mesin yang semakin berkualitas di era distruptif seperti sekarang,” paparnya.

Sementara itu Rektor UMY mengungkapkan, musyawarah seperti ini diharapkan tak hanya memberikan manfaat yang terkait seputar teknik mesin, namun juga mengasilkan solusi konkret untuk permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Besar harapan kami, musyawarah ini bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa, sebuah solusi konkret yang dihadapi masyarakat terlebih permasalahan-permasalahan pada era revolusi industri,” tutur Gunawan.

Baca Juga: Lahan Hijau Menipis, Sultan Hamengkubuwono X Minta Pembangunan Vertikal

Kaprodi Teknik Mesin UMY sekaligus ketua pelaksana musyawarah BKS-TM, Ir Berli Paripurna Kamiel ST MEng Sc PhD menjelaskan, adanya pandemi Covid-19 diharapkan tak mengurangi esensi musyawarah BKS-TM. Kegiatab seperti ini juga bisa sebagai suatu wadah untuk membangun relasi dan kerja sama antara sesama Prodi Teknik Mesin di seluruh perguruan tinggi Indonesia.

BKS-TM hadir sebagai suatu wadah untuk kita dalam membangun relasi, kerja sama dalam pelasanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, serta bersama-sama menciptakan solusi dalam menjawab tantangan teknologi pada saat ini dan masa depan,” tandas Berli.*

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inovasi Kopi Mahasiswa UMY Raih Juara KMI Expo 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
X