Beredar nomor telpon mengatasnamakan pejabat di lingkungan Pemkab Bantul, Sekda Bantul : Hati-Hati!

- Selasa, 17 Januari 2023 | 18:55 WIB
Sekda Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja, SKM,M.Kes  (Foto : Erna Sari)
Sekda Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja, SKM,M.Kes (Foto : Erna Sari)

HARIAN MERAPI - Saat ini sebagian warga Bantul dihebohkan dengan nomor telpon yang mengaku pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, salah satunya mengaku sebagai Sekda Bantul.

Oleh karena itu melalui Surat Edaran (SE), Sekda Bantul Agus Budi Raharja, SKM,M.Kes pun menyampaikan 4 hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat Bantul.

Dalam SE yang dibuat Sekda Bantul mengenai Pencegahan penipuan dengan Modus Pemberian Bantuan ini ditujukan kepada panewu, kepala KUA, dan lurah SE-Kabupaten Bantul ini tertanggal 16 Januari 2023.

Baca Juga: Tidak ada yang meringankan, Ferdy Sambo dituntut hukuman penjara seumur hidup

Adapun nomor Surat Edaran ini adalah 356/00299/KESRA, isi surat tersebut adalah:

Sehubungan dengan maraknya penipuan bantuan tempat ibadah dengan modus dihubungi melalui telepon atau WhatsApp (WA) oleh seseorang yang mengaku pejabat di lingkungan Pemkab Bantul,

Dengan ini kami sampaikan hal-hal berikut:
1. Pengurus tempat ibadah agar lebih berhati-hati dan waspada ketika ada pihak atau lembaga yang menawarkan bantuan hibah untuk pembangunan tempat ibadah.

Baca Juga: Ini lho dampak nitrogen cair bila tertelan

Untuk selanjutnya melakukan kroscek pada instansi pemerintah;

2. Apabila ada oknum yang mengatasnamakan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul menjanjikan bantuan hibah tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dengan Peraturan Bupati.

Rinciannya adalah Peraturan Bupati Nomor 103 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bantul Nomor 66 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban, serta Monitoring dan Evaluasi Belanja Hibah adalah tidak benar, selanjutnya agara diabaikan.

Baca Juga: Wow, rumah joglo Anies Baswedan rangkaian joglo asli kayu peninggalan Pesantren Tegalsari Ponorogo Jawa Timur

3. Pemberian bantuan bagi tempat ibadah di Kabupaten Bantul selama ini diberikan dengan mekanisme hibah yang perencanaannya dilaksanakan setahun sebelumnya (N-1) dengan mengacu ketentuan tersebut diatas;

4. Untuk selanjutnya kepada Panewu, Kepala KUA, dan Lurah diminta menginformasikan hal ini kepada warga masyarakat dan pengurus tempat ibadah agar waspada.

Sehingga tidak menjadi korban penipuan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X