Pengamanan Pilkades serentak 13 desa di Kabupaten Sukoharjo diperketat, dilarang konvoi

- Rabu, 30 November 2022 | 16:25 WIB
Forkopimda Sukoharjo saat apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di halaman Pemkab Sukoharjo, Rabu (30/11/2022).  (Wahyu imam ibadi)
Forkopimda Sukoharjo saat apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di halaman Pemkab Sukoharjo, Rabu (30/11/2022). (Wahyu imam ibadi)

HARIAN MERAPI - Petugas gabungan mengikuti apel gelar pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di halaman Pemkab Sukoharjo, Rabu (30/11/2022).

Petugas selanjutnya ditempatkan di 13 desa penyelenggara Pilkades. Pasukan pengamanan siap sepenuhnya dan masyarakat diminta tetap menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) selama pesta demokrasi di desa.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pilkades mengatakan, Pemilihan Kepala Desa yang digelar 6 tahun sekali ini, merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya Pemerintahan Desa yang demokratis.

Baca Juga: Asrama Mahasiswa Nusantara bentuk mahasiswa berkarakter Pancasila, dibangun di beberapa kota besar

Pilkades serentak tanggal 8 Desember 2022 dilaksanakan di 13 desa di 8 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo, dengan jumlah pemilih 44.338 orang adalah melibatkan massa yang cukup besar, maka perlu persiapan pengamanan agar Pilkades dapat berjalan secara kondusif, aman dan damai, sebagaimana telah di deklarasikan oleh para Calon Kepala Desa pada tanggal 25 November 2022 lalu.

Kerawanan yang mungkin akan timbul harus dapat diantisipasi oleh semua pihak dengan bekerja sama dan bersinergi dengan baik.

Berbagai potensi kerawanan harus dapat dikelola sehingga tidak menjadi gangguan nyata ke depannya.

Oleh karena itu diperlukan langkah pengamanan yang nyata untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta untuk menambah rasa percaya diri masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara langsung, jujur dan rahasia.

Baca Juga: Satu keluarga warga Kutoharjo Pati jadi korban penculikan, pelaku belum ditangkap polisi

Bupati juga berharap kepada seluruh anggota Polri, TNI dan aparat pengamanan lainnya agar bersikap netral, tidak memihak kepada salah satu calon dan tidak memberikan dukungan apapun dalam konteks ucapan dan tindakan kepada para calon Kepala Desa peserta Pilkades Serentak Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 ini.

"Saya berharap kepada pihak-pihak terkait baik itu TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan instansi lainnya agar dapat menyikapi pelaksanaan pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 ini secara profesional," katanya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, Polres Sukoharjo terus memantau setiap pelaksanaan tahapan Pilkades serentak 13 desa.

Setiap tahapan tersebut calon kepala desa diminta selalu menaati ketentuan berlaku. Termasuk larangan mengerahkan massa atau konvoi sepeda motor menggunakan knalpot brong hingga menyebabkan gangguan Kamtibmas.

Baca Juga: Cokro Pamungkas sepakat pamong dan dukuh wajib netral di pemilu 2024, singgung pernah ada yang dipecat

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X