Gelar bimtek aplikasi BOS, Diskop UKM Perindustrian dan Perdagangan fasilitasi UMKM pemasaran online

- Selasa, 22 November 2022 | 12:00 WIB
Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Agus Sulistiyana (kiri) dan Wakil Bupati Joko Purnomo saat pembukaan bimtek aplikasi BOS.  (Yusron Mustaqim )
Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Agus Sulistiyana (kiri) dan Wakil Bupati Joko Purnomo saat pembukaan bimtek aplikasi BOS. (Yusron Mustaqim )

HARIAN MERAPI - Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pelapak melalui aplikasi Bantul Online Shop (BOS) di Hotel Ros In Jalan Ring-road Selatan Sewon Bantul, Senin (21/11/2022).

Bimtek tersebut untuk membekali para pelapak UMKM dalam pemasaran online lewat aplikasi BOS.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Agus Sulistiyana mengatakan, bimtek aplikasi BOS yang digelar selama tiga hari sampai Rabu (23/11/2022) ini diikuti 130 peserta terdiri dari 30 orang yang mengikuti kegiatan daring dan 100 orang secara luring.

Baca Juga: Badan amal dan investor Singapura rangkul petani Sleman bangun ekosistem peternakan domba

"Pemda harus hadir dalam memberikan fasilitas UMKM di Bantul agar naik kelas melalui fasilitasi BOS," katanya.

"Aplikasi BOS diharapkan bisa terkoneksi dan terintegrasi dengan toko daring e-catalog sehingga diharapkan OPD-OPD yang mau berbelanja kebutuhan barang dan jasa untuk kepentingan pemerintah dapat mengambil dari BOS," lanjut Agus Sulistiyana kepada wartawan di sela-sela bimtek.

Sampai saat ini UMKM di Kabupaten Bantul yang masuk ke aplikasi BOS sekitar 300 dan diharapkan akan terus naik.

Baca Juga: Pengunjung Diorama Arsip Jogja berbayar, bikin vlog Rp250 ribu, tuai banyak komentar

Untuk itu ada beberapa hal harus dibenahi Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan bersama Dinas Kominfo maupun Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Bantul terkait kesepahaman tentang pajak.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X