Disbud Bantul gelar festival rintisan desa budaya, tampilan potensi seni dan budaya 7 kalurahan

- Minggu, 20 November 2022 | 08:12 WIB
Salah satu penampilan kesenian dari rintisan desa budaya Kalurahan Jatimulyo Dlingo Bantul.  (Yusron Mustaqim)
Salah satu penampilan kesenian dari rintisan desa budaya Kalurahan Jatimulyo Dlingo Bantul. (Yusron Mustaqim)

HARIAN MERAPI - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul mengggelar Festival Rintisan Desa Budaya di Lapangan Trirenggo Bantul, Sabtu-Minggu (19-20/11/2022).

Kegiatan yang Festival Rintisan Desa Budaya tersebut diikuti tujuh kaluhahan yang tercatat sebagai rintisan desa budaya di Kabupaten Bantul yakni Jatimulyo, Baturetno, Wukirsari, Timbulharjo, Tamantirto, Guwosari dan Gadingsari.

"Untuk itu selama dua hari Sabtu dan Minggu kita tampilkan tujuh rintisan desa budaya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto SSos MM di sela-sela Festival Rintisan Desa Budaya di Lapangan Trirenggo Bantul, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: Lima syarat taubat nasuha, salah satu diantaranya bertekad untuk tidak mengulangi dosa

Untuk itu festival tersebut digelar untuk mengelola potensi seni dan budaya yang ada dimasing-masing rintisan desa budaya.

Setelah ditetapkan menjadi rintisan desa budaya Dinas Kebuayaan memiliki kewajiban membina selama tiga tahun berturut-turut.

Dengan adanya pembinaan, salah satunya ditampilkan dalam Festival Rintisan Desa Budaya dari masing-masing desa agar masyarakat lua bisa mengetahui.

Selain itu, kegiatan ini untuk mensosialisasikan tentang bagaimana desa itu harus meraih menjadi rintisan desa budaya supaya bisa meraih ke tahapan-tahapan selanjutnya.

Baca Juga: Ngayogjazz 2022 digelar di Dusun Cibuk Kidul, Seyegan Sleman berlangsung meriah, didatangi ribuan penonton

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X