• Rabu, 30 November 2022

Migrasi televisi digital, Kemenkominfo bagikan STB gratis sebanyak 18.826 untuk warga miskin Sukoharjo

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:55 WIB
Diskominfo Sukoharjo saat koordinasi pembagian STB gratis.  (Wahyu Imam Ibadi)
Diskominfo Sukoharjo saat koordinasi pembagian STB gratis. (Wahyu Imam Ibadi)

HARIAN MERAPI - Sebanyak 18.826 warga miskin yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menerima Set Top Box (STB) gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI), Rabu (5/10/2022).

Bantuan diberikan terkait penerapan program migrasi televisi analog ke digital. Petugas akan mendatangi langsung rumah para penerima bantuan sekaligus pengecekan kelayakan. Apabila saat diverifikasi tidak memenuhi maka bantuan bisa dialihkan ke warga lain.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sukoharjo Suyamto mengatakan, Diskominfo Sukoharjo sudah melakukan rapat finalisasi penyaluran bantuan STB dengan mengundang pihak kecamatan pada Selasa (4/10). Koordinasi dilakukan sebagai bentuk sosialiasi sekaligus awal penerapan migrasi televisi digital.

Baca Juga: Politik masih sangat dinamis, KIB sebaiknya majukan Capres dari hasil konvensi

"Koordinasi terakhir dengan kecamatan 4 Oktober dan STB resmi dibagikan pada warga mulai 5 Oktober," ujarnya.

Pemkab Sukoharjo mendapat alokasi bantuan sebanyak 18.826 unit. Para penerima tersebut berasal dari warga miskin yang kriterianya sesuai keputusan dari pemerintah terdata dalam DTKS.

Diskominfo Sukoharjo terkait hal ini sudah mengajukan data ke Kemenkominfo RI. Kepastian penerima bantuan STB gratis menjadi kewenangan penuh Kemenkominfo RI.

"Kami hanya diminta mengirim data berdasarkan data warga miskin yang masuk DTKS. Nantinya siapa saja warga yang menerima STB gratis menjadi kewenangan Kemenkominfo RI," lanjutnya.

Baca Juga: Kejadian misteri seminggu setelah pemakaman jenazah ibu dan anak usia 11 tahun korban kecelakaan masuk jurang

Diskominfo Sukoharjo sebelumnya sudah mengajukan data ke Kemenkominfo RI terkait bantuan STB gratis pada 8 Juli sebanyak 23.575 warga. Selanjutnya pada 29 September Diskominfo Sukoharjo mendapat konfirmasi dari Kemenkominfo. Hasilnya dari jumlah pengajuan tersebut hanya mendapat alokasi sebanyak 18.826 unit.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X