• Kamis, 6 Oktober 2022

STB Buatan Lokal Jadi Andalan Menangkap Siaran TV Digital, Berikut Daftarnya yang Sudah Bersertifikasi Kominfo

- Kamis, 9 Juni 2022 | 20:20 WIB
Set Top Box produksi PT. Pampas - Nextron Teknologi Indonesia dengan merek Multilaser yang diekspor ke Brazil.  (ANTARA/ Biro Humas Kementerian Perindustrian)
Set Top Box produksi PT. Pampas - Nextron Teknologi Indonesia dengan merek Multilaser yang diekspor ke Brazil. (ANTARA/ Biro Humas Kementerian Perindustrian)

JAKARTA, harianmerapi.com - Set Top Box (STB) atau perangkat dekoder dibutuhkan televisi tabung atau jenis TV lainnya untuk penangkap siaran TV digital.

STB dapat menjadi solusi bagi masyarakat sehingga tidak perlu membeli tv digital. Cukup dengan tv seadanya di rumah tetap bisa menoton siaran tv digital.

Di antara banyak merek STB di pasaran, ternyata merek buatan dalam negeri cukup mendominasi.

Baca Juga: Lembaga Penyiaran Komitmen Dukung Siaran TV Digital, Sebanyak 5,3 Juta STB Dibagikan untuk Rumah Tangga Miskin

STB buatan dalam negeri ini bisa diandalkan untuk menangkap siaran tv digital. Harganya pun relatif terjangkau dibanding merek luar negeri.

STB buatan lokal ini sudah banyak yang memiliki sertifikasi Kominfo. Sertifikasi STB ini penting karena tanpa hal tersebut, siaran TV digital tidak bisa ditangkap dengan jernih gambar dan suaranya.

Tak kalah penting, STB yang telah bersertifikasi Kominfo dapat menerima sinyal dari semua pemancar penyelenggara multiplexing (MUX) serta memiliki fitur EWS (early warning sistem) kebencanaan.

Baca Juga: Cara Mengecek Merek dan Model Televisi hingga Perangkat STB yang Bisa Menangkap Siaran TV Digital

STB buatan lokal ini juga sudah banyak disalurkan kepada rumah tangga miskin yang diselenggarakan oleh lembaga penyiaran publik dan swasta yang jumlahnya hingga jutaan unit STB.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X