• Selasa, 16 Agustus 2022

Kesimpangsiuran ASO Masih Terjadi di Masyarakat, Nonton TV Digital Selamanya Gratis dan Tidak Perlu Membayar

- Kamis, 9 Juni 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi: Petugas melakukan pemasangan Set Top Box (STB) di salah satu rumah warga penerima bantuan STB saat uji coba distribusi STB gratis di Serang, Banten (9/3/2022).  (Dokumen Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital)
Ilustrasi: Petugas melakukan pemasangan Set Top Box (STB) di salah satu rumah warga penerima bantuan STB saat uji coba distribusi STB gratis di Serang, Banten (9/3/2022). (Dokumen Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital)

JAKARTA, harianmerapi.com - Sosialisasi migrasi tv analog ke tv digital perlu digencarkan di tengah-tengah masyarakat.

Pasalnya masih terjadi terjadi kesimpangsiuran dan kebingungan di masyarakat tentang program penghentian tv analog atau Analog Switch Off (ASO).

Kebingungan paling sering dijumpai adalah masyarakat khawatir setelah migrasi ke tv digital, mereka harus membayar setiap bulan.

Baca Juga: 10 Hal Penting Ini Wajib Diketahui Masyarakat tentang Siaran TV Digital

"Masyarakat awalnya 'dihantui' informasi bahwa harus bayar tiap bulan karena banyak tidak mengerti terkait program ASO ini," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari dalam Rapat Kerja Komisi I DPR bersama Menteri Komunikasi dan Informatika di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/6/2022), seperti dilansir dari Antara.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gencar melakukan sosialisasi program peralihan siaran televisi analog ke siaran tv digital agar tidak terjadi kesimpangsiuran tersebut.

"Masalah sosialisasi ini perlu ditingkatkan agar tidak salah persepsi di tengah masyarakat," katanya.

Baca Juga: Cara Mengecek Merek dan Model Televisi hingga Perangkat STB yang Bisa Menangkap Siaran TV Digital

Dia menjelaskan, dirinya beberapa kali melakukan kegiatan reses, masyarakat masih belum mengerti terkait program ASO yang dijalankan Kominfo.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini cara Moh Mahfud MD merespons kekalahan MU

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X