• Kamis, 1 Desember 2022

Migrasi kompor listrik, Pemkab Sukoharjo tunggu kejelasan pusat

- Minggu, 25 September 2022 | 07:30 WIB
Ilustrasi: Kiai Masrur menyaksikan demo pemakaian kompor listrik tenaga surya karya anak bangsa  (Dok. HPN Sleman)
Ilustrasi: Kiai Masrur menyaksikan demo pemakaian kompor listrik tenaga surya karya anak bangsa (Dok. HPN Sleman)


HARIAN MERAPI - Pemkab Sukoharjo tunggu kejelasan dan terus memantau perkembangan mengenai rencana penggunaan kompor listrik menggantikan elpiji 3 kilogram.

Sebab sampai sekarang program pengalihan energi tersebut masih sebatas rencana dan belum ada jadwal direaliasikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Sabtu (24/9) mengatakan, pengalihan energi atau migrasi dari gas ke listrik yang berdampak pada penggunaan kompor di masyarakat sepenuhnya menjadi kebijakan pemerintah pusat. Pemkab Sukoharjo dalam hal ini di daerah hanya tinggal melaksanakan saja.

Baca Juga: Asupan berbahan biji kakao bantu hindarkan risiko pembekuan darah dan sulit tidur

Pemkab Sukoharjo sampai sekarang masih menunggu kejelasan mengenai rencana penggunaan kompor listrik menggantikan elpiji 3 kilogram. Pemkab Sukoharjo juga masih memantau perkembangan mengenai rencana program pusat tersebut.

Sebelum dilaksanakan program tersebut Pemkab Sukoharjo berharap ada tahap sosialiasi di masyarakat. Salah satunya terkait penerima bantuan kompor listrik gratis dan teknis penggunaanya. Sebab pengalihan energi ini masih belum dipahami.

Sosialiasi juga dilakukan terkait dengan teknis pelaksanaan program di daerah. Sebab butuh koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penerapan kompor listrik.

Baca Juga: Peruntungan Shio Babi Minggu 25 September 2022, banyak jalan di depan semuanya mengarah ke tujuan yang sama

"Soal kompor listrik kami menunggu kejelasan pusat. Belum ada petunjuk dan kami juga menunggu teknis sambil memantau perkembangan," ujarnya.

Widodo menjelaskan, tidak mudah dalam melaksanakan program pengalihan energi dari gas ke listrik. Sebab banyak hal harus dipersiapkan dan disosialisasikan ke pemerintah daerah dan masyarakat.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menemui jalan rusak di Temanggung, adukan ke nomor ini

Selasa, 29 November 2022 | 13:55 WIB
X