• Kamis, 1 Desember 2022

Dampak penutupan jembatan Mojo, pelaku UMKM di Sukoharjo khawatir pengaruhi perdagangan

- Kamis, 22 September 2022 | 12:00 WIB
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melakukan peninjauan lokasi untuk mengecek persiapan penutupan Jembatan Mojo.  (Dok. Polres Sukoharjo)
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melakukan peninjauan lokasi untuk mengecek persiapan penutupan Jembatan Mojo. (Dok. Polres Sukoharjo)

 


HARIAN MERAPI - Penutupan Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo di Kota Solo dikhawatirkan berpengaruh besar pada sektor perdagangan dan perekonomian di Kabupaten Sukoharjo.

Sebab perputaran barang menjadi lama yang berdampak pada peningkatan biaya pengiriman karena harus menggunakan jalur lain selama pembangunan dua jembatan. Namun demikian, hal tersebut hanya bersifat sementara dan akan pulih setelah proyek selesai.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo Iwan Setiyono, Kamis (22/9/2022) mengatakan, sektor perdagangan khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), jasa transportasi, industri dan jenis usaha lainnya ikut terdampak selama penutupan Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo di Kota Solo karena akan dibangun.

Baca Juga: Mahasiswa UMY, Panggih dan Kania berkolaborasi ciptakan lagu berjudul, Sinergi Muda Mendunia

 

Dampak tersebut berupa pelambatan pengiriman barang atau tranportasi angkut dari pelaku usaha ke pasar atau konsumen. Hal ini berdampak pada pergerakan ekonomi pelaku usaha.

Dampak paling besar dirasakan karena penutupan Jembatan Mojo karena berbatasan langsung dengan Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo dengan Semanggi, Kota Solo. Jembatan tersebut dalam keseharian sangat dibutuhkan masyarakat dan pelaku usaha untuk mengakses dan mempercepat angkut barang.

Pelaku usaha selama penutupan Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo akan menggunakan jalur alternatif sesuai rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan. Hal ini berdampak pada lamanya pengiriman barang dan membengkaknya biaya pengangkutan.

Baca Juga: Mengenang tragedi kelam G30S PKI 1965, enam jenderal TNI AD dan satu perwira jadi korban

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menemui jalan rusak di Temanggung, adukan ke nomor ini

Selasa, 29 November 2022 | 13:55 WIB
X