• Sabtu, 26 November 2022

Psikoedukasi Parenting Skills dukung terwujudnya generasi sehat fisik dan mental

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:20 WIB
Foto bersama usai kegiatan Psikoedukasi ‘Parenting Skills’ yang diinisiasi mahasiswa KKN UMBY Kelompok 79.  (Dok KKN UMBY Kelompok 79)
Foto bersama usai kegiatan Psikoedukasi ‘Parenting Skills’ yang diinisiasi mahasiswa KKN UMBY Kelompok 79. (Dok KKN UMBY Kelompok 79)


HARIANMERAPI.COM - Keterampilan orang tua dalam mengasuh anak atau parenting skills seperti dari aspek kognitif, emosi maupun perilaku tak dapat disepelekan.

Berbagai pihak bisa rutin mensosialisasikan ataupun mengedukasi di masyarakat. Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pun biasa menggelar Psikoedukasi: Parenting Skills.

Seperti halnya KKN UMBY Kelompok 79 Angkatan XLI, baru-baru ini, melaksanakan program kerja Psikoedukasi ‘Parenting Skills’ di Wonokoso Petung Magelang.

Baca Juga: Ini daftar 56 desa di Kabupaten Purworejo yang akan dilewati jalan tol Cilacap-Yogyakarta, adakah nama desamu?

Menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UMBY Kelompok 79, Eka Aryani SPd MPd, sangat mendukung kegiatan psikoedukasi yang dilakukan mahasiswa bimbingannya.

“Program psikoedukasi yang dilakukan mahasiswa KKN ini sangat baik. Apalagi berdasarkan pengakuan ibu – ibu di Dusun Wonokoso, pengetahuan mereka tentang pola pengasuhan anak masih sangat minim,” jelasnya.

Dengan kegiatan tersebut, lanjut Eka, merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas generasi masa depan. Artinya pula dapat membantu orang tua dalam meningkatkan keterampilan pola pengasuhan anak.

Baca Juga: Brianna and Bottomwise, novel terbaru Andrea Hirata yang berkisah tentang petualangan gitar

“Tentu saja kearah yang lebih baik lagi, demi mendukung terwujudnya generasi emas penerus bangsa yang sehat fisik dan mental,” tandas Eka.

Hal senada diungkap pula oleh KKN UMBY Kelompok 79, Oido Karunia Bekti, dengan digelarnya Psikoedukasi ‘Parenting Skills’ tersebut diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan orangtua terlebih ibu – ibu di Wonokoso antara lain tentang bagaimana cara mengasuh anak yang baik.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengawas harus waspadai kampanye di luar jadwal

Selasa, 22 November 2022 | 18:40 WIB
X