• Kamis, 8 Desember 2022

Ajak ‘satset dan batbet,’ mahasiswa KKN PPM UMBY semangati pelaku UMKM di Ngelosari Sleman

- Minggu, 31 Juli 2022 | 22:15 WIB
Foto bersama sebagian mahasiswa KKN-PPM UMBY Kelompok 14, dosen pembimbing lapangan, tokoh masyarakat dan pemilik UMKM di Ngelosari Pakem.  (Foto: Sulistyanto)
Foto bersama sebagian mahasiswa KKN-PPM UMBY Kelompok 14, dosen pembimbing lapangan, tokoh masyarakat dan pemilik UMKM di Ngelosari Pakem. (Foto: Sulistyanto)


SLEMAN, harianmerapi.com – Sebelas mahasiswa kelas karyawan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Ngelosari Purwobinangun Pakem Sleman.

Mahasiswa dari Prodi Psikologi, Manajemen dan Akuntansi tersebut tergabung dalam Kelompok 14 KKN-PPM angkatan XLI UMBY. KKN-PPM dilaksanakan selama satu bulan, 24 Juli – 24 Agustus 2022 dan mahasiswa KKN biasa datang setiap Minggu.

“Ada beberapa tahapan program KKN-PPM yang kami laksanakan di Ngelosari, misalnya sosialisasi program, membantu rebranding, kemasan sampai pemasaran baik secara offline maupun online,” ungkap Ketua Kelompok 14 KKN-PPM UMBY, Komang Duta Adijaya, Minggu (31/7/2022).

Baca Juga: Fakultas Ekonomi UMBY kolaborasi dengan 3 PTS gelar konferensi internasional EEBIC secara daring

Ditemui di sela-sela pelaksanaan sosialisasi program KKN-PPM di Ngelosari, karena waktu untuk kegiatan tersebut hanya sebulan dan pihaknya biasa datang satu atau dua kali seminggu, maka berusaha untuk bisa kerja cepat dengan hasil maksimal.

“Kalau dalam Bahasa Jawa bisa diistilahkan, kami berusaha bisa ‘satset dan batbet’ dalam melaksanakan rangkaian program KKN di Ngelosari sini,” terangnya.

Adapun tagline yang diusung, sebut Duta, yaitu Ngelosari to Infinity and Beyond. Secara garis besar, dapat diartikan dengan tak berhenti belajar, berusaha dan berdoa akan menjadikan Ngelosari bisa menembus batas, misalnya dalam memasarkan produk-produk UMKM.

Baca Juga: KKN UMY punya program andalan Mbaca untuk mendukung literasi digital

Dengan tagline tersebut diharapkan pula bisa menjadi penyemangat tersendiri, dan segenap UMKM di Ngelosari bisa maju ataupun berkembang dengan baik.

Pada saat sosialisasi tersebut tiga pelaku UMKM unggulan yang diharapkan bisa menjadi contoh UMKM lain, yakni pemilik usaha abon ayam, minuman instan berbahan empon-empon dan dodol salak ikut diundang.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perwakilan UKDW raih juara 2 dalam KMI Expo XIII

Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:34 WIB
X