• Sabtu, 10 Desember 2022

Mahasiswa Peternakan UMBY Bersinergi dengan Pemkab Magelang Membantu Menanggulangi Kemiskinan

- Kamis, 9 Juni 2022 | 12:35 WIB
Sebagian mahasiswa Peternakan UMBY bersiap melakukan pendataan potensi pengembangan usaha ternak di Magelang. ( Foto: Dok Humas UMBY)
Sebagian mahasiswa Peternakan UMBY bersiap melakukan pendataan potensi pengembangan usaha ternak di Magelang. ( Foto: Dok Humas UMBY)


MAGELANG, harianmerapi.com – Mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mempunyai program kuliah lapang (KL). Seperti halnya saat ini menerjunkan 140 mahasiswa dengan 3 ko-asisten (koas) dan 2 dosen pembimbing lapangan di Magelang.

Tepatnya berada Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, yaitu untuk melakukan pendataan potensi pengembangan usaha ternak melalui pengembangan usaha peternakan.

Kegiatan ini bersinergi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) dan Penelitian Pengembangan Daerah (Litbangdal) Magelang.

Menurut salah satu tim Penanggulangan Kemiskinan(Gulkin)Bappeda Magelang yang juga dosen Prodi Peternakan UMBY, Ir Nur Rasminati MP, penanggulangan kemiskinan yang sedang dilakukan di desa dampingan harus menggunakan data yang valid dan aktual.

Baca Juga: Wisuda Sarjana dan Pascasarjana UMBY Terbagi Dua Sesi, Wisudawan Terbaik Diberi Penghargaan

“Agar memperoleh data yang benar-benar valid dan aktual, antara lain harus diawali dengan pendataan konkret di masyarakat,” paparnya.

Adapun kegiatan pendataan tersebut dilakukan oleh mahasiswa Peternakan UMBY selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis (8-9/6/2022) serta diikuti semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah KL II.

Hal senada diungkap pula oleh dosen Prodi Peternakan UMBY,Ir Setyo Utomo MP, mahasiswa melakukan pendataan peta potensi pengembangan usaha ternak di Bringin Srumbung untuk penanggulangan kemiskinan.

“Selain itu mereka juga mengambil data-data lain yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan di wilayah tersebut. Lalu data yang diperoleh, akan dijadikan sebagai dasar penentuan kegiatan dalam pengentasan kemiskinan di wilayah tersebut,” tuturnya.

Baca Juga: UMBY Gelar Sumpah Profesi Psikolog Angkatan XX. Prof Seger: Jaga Kode Etik dan Amalkan Sumpah

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perwakilan UKDW raih juara 2 dalam KMI Expo XIII

Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:34 WIB
X