• Kamis, 29 September 2022

Kontes kecantikan domba sebagai rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI disuport KKN PPM UMBY

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:40 WIB
Kontes kecantikan domba di Banyusidi mendapat dukungan berbagai pihak termasuk mahasiswa KKN-PPM UMBY.  (Foto: Dok. Humas UMBY   )
Kontes kecantikan domba di Banyusidi mendapat dukungan berbagai pihak termasuk mahasiswa KKN-PPM UMBY. (Foto: Dok. Humas UMBY )

MAGELANG, harianmerapi.com - Tim Pengabdian Masyarakat dari Prodi Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mempunyai program dombanisasi di Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Magelang.

Program dombanisasi tersebut sebagai kelanjutan dari program babonisasi ayam kampung yang sudah berjalan selama bertahun-tahun di desa setempat.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dari Prodi Peternakan UMBY, Ir Setyo Utomo MP, sebagai bentuk pertanggungjawaban perkembangan indukan domba yang sudah dibagikan dalam program dombanisasi tersebut hingga beranakpinak, setiap tahunnya digelar kontes kecantikan domba se-Desa Banyusidi.

Baca Juga: Presiden Jokowi ingatkan harus ‘eling lan waspada’, krisis hantui dunia, risiko gejolak global masih tinggi

“Kontes kecantikan domba se-Banyusidi pada tahun ini sekaligus dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” papar Setyo Utomo, baru-baru ini.

Ditambahkan Setyo, adapun dua dosen yang menjadi anggotanya dalam tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Prodi Peternakan UMBY tersebut, yaitu Ir Nur Rasminati MP serta Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP.

Sementara itu Nur Rasminati yang juga sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Mandiri Kelompok VII Angkatan XLI UMBY di kelompok ternak Berkah Makmur di Banyusidi mengungkapkan, kontes kecantikan ternak domba tersebut didukung berbagai pihak.

“Termasuk di antaranya banyak disuport oleh para mahasiswa UMBY yang sedang KKN-PPM di Banyusidi,” tandasnya.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo mulai frustasi, Setan Merah tetap 'Nggondeli'

Sedangkan Lurah Desa Banyusidi, Yuwono memaparkan, salah satu pemanfaatan dana desa yang dikucurkan setiap tahun oleh pemerintah desa setempat adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X