• Selasa, 27 September 2022

KKN PPM UMBY gelar edukasi pencegahan pelecehan seksual di SMPN 2 Pakis Magelang

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Foto bersama usai edukasi pencegahan pelecehan seksual di SMPN 2 Pakis Magelang. Foto:  (Dok. KKN PPM UMBY Kelompok 80.)
Foto bersama usai edukasi pencegahan pelecehan seksual di SMPN 2 Pakis Magelang. Foto: (Dok. KKN PPM UMBY Kelompok 80.)



HARIAN MERAPI - Pihak korban pelecehan seksual bisa mengalami depresi maupun trauma berat.

Selain itu dapat menyebabkan gangguan stres pasca trauma dan gangguan ini membuat korban memiliki rasa takut serta cemas berlebihan.

Hal tersebut diungkap Salwaa Khanzaa Al Salsabil saat menjadi pembicara edukasi pencegahan pelecehan seksual di SMPN 2 Pakis Magelang, baru-baru ini.

Baca Juga: Bareskrim Polri tangkap Kasat Resnarkoba Karawang karena terlibat peredaran narkoba, ini kronologinya

Kegiatan yang diprakarsai mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Kelompok 80 Angkatan XLI Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) diikuti oleh 25 siswa dari SMP setempat.

“Adapun tujuan diadakannya edukasi tersebut antara lain untuk mengingatkan masyarakat, bagaimana pengetahuan tentang seksualitas adalah hal yang harus disadari di kalangan masyarakat umum,” papar Salwaa yang juga sebagai ketua KKN PPM UMBY kelompok 80 di Ngaliyan, Petung, Pakis, Magelang.

Selain itu penting pula, masyarakat umum bisa aware kepada korban yang mengalami pelecehan seksual, dan diharapkan edukasi tersebut mampu membuat anak-anak muda lebih berhati-hati dan saling melindungi.

Baca Juga: Peruntungan Shio Kelinci Rabu 17 Agustus 2022, suasana hati sedang tidak baik hari ini, tapi .......

Sedangkan berbagai faktor pemicu pelecehan seksual yang terjadi di Indonesia, antara lain cara berpikir yang tak setara, adanya relasi kekuasaan yang tak seimbang, minimnya edukasi mengenai seks, dan etika pergaulan.

“Disisi lain, ketika individu menjadi korban, lingkungan masyarakat menganggap itu sebuah ‘aib’ dan mengasingkan korban,” jelas Salwaa.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X