• Kamis, 29 September 2022

FH UJB Jogja siap gelar PKPA periode IX bekerja sama dengan DPN Peradi

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Sejumlah praktisi dan akademisi di bidang hukum yang akan mengisi PKPA FH UJB Jogjakarta  (Dok. panitia PKPA)
Sejumlah praktisi dan akademisi di bidang hukum yang akan mengisi PKPA FH UJB Jogjakarta (Dok. panitia PKPA)

 

JOGJA, harianmerapi.com - Fakultas Hukum Universitas Janabadra (FH UJB) Jogjakarta bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) akan melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Periode IX di Kampus FH UJB Yogya, Senin-Jumat (13-23/9/2022) mendatang.

"Untuk pelaksanaannya PKPA ini akan dilaksanakan secara tatap muka dan daring melalui zoom meeting," ujar Ketua Panitia PKPA, Suswoto SH MH dalam keterangan pers yang disampaikan kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Disebutkan, sebagai profesi mulia, advokat diharuskan memiliki kemampuan khusus dibidang hukum baik secara teoritik maupun praktik.

Baca Juga: Pengalaman misteri pulang dari solat Tarawih, tiba-tiba tercium bau wangi kembang melati di ruang tengah

Sehingga advokat dapat memainkan perannya sebagai penegak hukum yang sejajar dengan profesi penegak hukum lain seperti jaksa, hakim dan polisi.

Selian itu, advokat sebagai profesi yang mandiri, bertanggungjawab dituntut untuk taat dan patuh terhadap hukum dan kode etik advokat.

Untuk itu FH UJB berkomitmen menyelenggarankan PKPA dalam upaya menyiapkan dan mengembangkan sumber daya advokat yang profesional, bertanggung jawab dan bermartabat baik dalam tatanan hukum maupun kode etik profesi advokat.

Untuk itu pengajar PKPA FH UJB diisi para praktisi dan akademisi yang kompeten dan ahli dibidangnya.

"Kami memberikan seluruh materi yang diwajibkan DPN Peradi dan kami tambah
dengan materi-materi lain yang dibutuhkan untuk memperkaya ilmu pengetahuan para calon-calon advokat lulusan PKPA FH UJB," lanjut Suswoto menjelaskan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X