• Kamis, 29 September 2022

Jumlah Tunggakan PBB-P2 di Gunungkidul Tinggi, Tiap Tahun Capai Rp2 Miliar Lebih

- Jumat, 15 Juli 2022 | 15:57 WIB
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Kesadaran membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Gunungkidul masih perlu ditingkatkan.

Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul mencatat tunggakan pembayaran PBB-P2 setiap tahun dalam kisaran antara Rp2-2,5 miliar.

"Sampai akhir tahun 2021 tunggakan PBB-P2 terakumulasi Rp18 miliar," kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Sri Suhartanta Jumat (15/7/2022).

Baca Juga: Bupati Pati Janji Bantu Korban Banjir Bandang, Banyak Surat Penting Hilang

Secara keseluruhan pada tahun anggaran 2022 ini di Gunungkidul tercatat sebanyak 608.938 wajib pajak dengan potensi perolehan PBB-P2 sekitar Rp26,47 miliar.

BKAD sendiri menargetkan perolehan dari PBB-P2 pada tahun ini sebesar Rp23 miliar. Pihaknya terus berupaya agar perolehan sebelum jatuh tempo, target pendapatan pajak dapat terpenuhi pada tahun 2022.

“Kami berupaya agar pembayaran pajak dipermudah, juga memberikan insentif ataupun undian berhadiah bagi yang membayar pajak sebelum jatuh tempo,” imbuhnya.

Kepala Bidang Penagihan, Pelayanan dan Pengendalian BKAD Gunungkidul, Eli Martono menambahkan bahwa tunggakan pembayaran PBB-P2 di Gunungkidul tergolong cukup tinggi.

Baca Juga: Penerima PKH di Banjarnegara Jadi Pengedar Miras Jenis Ciu, Kulakan dari Sukoharjo, Ini Tindakan Aparat

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X