• Jumat, 19 Agustus 2022

Penutupan Lima Pasar Hewan di Boyolali Diperpanjang Lagi Terkait PMK

- Senin, 4 Juli 2022 | 21:32 WIB
Penutupan pasar hewan Jelok Cepogo Boyolali diperpanjang lagi. (Mulyawan)
Penutupan pasar hewan Jelok Cepogo Boyolali diperpanjang lagi. (Mulyawan)

BOYOLALI, harianmerapi.com - Jelang berakhirnya penutupan pasar hewan di Kabupaten Boyolali pada 4 Juli 2022 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mengambil kebijakan untuk kembali menutup pasar hewan.

Penutupan ini berdasarkan pada Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah PMK (Foot and Mouth Disease).

Di dalam Kepmen tersebut, Provinsi Jawa Tengah pada umumnya dan Kabupaten Boyolali pada khususnya masuk ke dalam daerah yang terkena wabah PMK.

Baca Juga: Kesaksian Warga Lihat Kerusuhan Babarsari: Pelaku 100 Orang, Datang Langsung Bakar Motor

Sehingga, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali mengambil kebijakan untuk kembali menutup kelima pasar hewan yang ada di Kota Susu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Ada pelarangan pasar hewan dibuka kecuali telah memenuhi persyaratan persyaratan teknis. Sehingga tadi arahan Bapak Bupati pasar ditutup kembali sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati saat dijumpai di ruang kerjanya pada Senin (4/7/2022).

Kelima pasar hewan di Kabupaten Boyolali yang diperpanjang penutupannya yakni Pasar Hewan Jelok di Kecamatan Cepogo, Pasar Hewan Karanggede, Pasar Hewan Purworejo di Kecamatan Nogosari, Pasar Hewan Simo dan Pasar Hewan Ampel.

Baca Juga: PSS Siap Ambil Kesempatan di Leg Pertama Semifinal Piala Presiden 2022 Melawan Borneo FC

Disinggung mengenai penanganan sapi jelang Idul Adha, pihaknya telah menerbitkan Sertifikat Veteriner atau Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang tersebar di 10 titik.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menunggu nama calon Penjabat Bupati Pati

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:30 WIB
X