• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Dituntut Perhatikan Kelompok Rentan

- Jumat, 27 Mei 2022 | 15:15 WIB
Diskusi Publik 'Peran dan Kontribusi Negara dan Masyarakat dalam Penanganan Covid-19 bagi Kelompok Rentan' di Taman Budaya Kulon Progo. (Amin Kuntari)
Diskusi Publik 'Peran dan Kontribusi Negara dan Masyarakat dalam Penanganan Covid-19 bagi Kelompok Rentan' di Taman Budaya Kulon Progo. (Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Angka kekerasan terhadap perempuan terutama ibu rumah tangga mengalami peningkatan signifikan yakni mencapai tiga kali lipat selama pandemi Covid-19.

Karenanya, pemerintah dituntut untuk lebih memperhatikan kelompok rentan serta mengubah sistem pelayanan dan penanggulangan pandemi Covid-19 agar lebih ramah perempuan terutama penyadang disabilitas dan lansia.

Komisioner Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan, Bahrul Fuad mengatakan, pada awal pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu pihaknya mengkaji dampak pandemi Covid-19 ke kehidupan perempuan di Indonesia.

Baca Juga: Polisi Bantu Dorong Mobil Pemudik yang Mogok di Jogja, Aksi Spotan yang Tuai Pujian

Survei dilakukan kepada 4.000 perempuan di lima daerah yakni Bekasi, Cirebon, Kulon Progo, Situbondo dan Kupang.

Hasilnya, terjadi peningkatan angka kekerasan terhadap perempuan yang signifikan yakni mencapai tiga kali lipat terutama ke ibu rumah tangga.

"Peningkatan kekerasan ini terjadi karena adanya beban domestik selama Covid-19, misal suami bekerja dari rumah dan anak sekolah dari rumah sehingga menambah beban domestik ke perempuan," katanya.

Baca Juga: Ini Riwayat Penyakit Buya Syafii Maarif Sebelum Wafat, Haidar Nashir: Bangsa Indonesia Berduka

"Selama ini di masyarakat kita perempuan selalu diasosiasikan ke pekerjaan domestik seperti merawat anak, mencuci dan memasak," katanya dalam acara Diskusi Publik 'Peran dan Kontribusi Negara dan Masyarakat dalam Penanganan Covid-19 bagi Kelompok Rentan' sekaligus Serah Terima Alat Bantu bagi Para Penerima Manfaat yang digelar di Taman Budaya Kulon Progo, Jumat (27/5/2022).

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kulon Progo serahkan santunan anak yatim

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:50 WIB

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X