• Senin, 27 Juni 2022

Gubernur DIY Lantik Sumadi dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat Walikota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo

- Minggu, 22 Mei 2022 | 16:50 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sumadi sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat Bupati Kulon Progo di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Minggu.   (ANTARA/Luqman Hakim)
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sumadi sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat Bupati Kulon Progo di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Minggu. (ANTARA/Luqman Hakim)

JOGJA, harianmerapi.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sumadi sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat Bupati Kulon Progo untuk satu tahun periode masa jabatan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Minggu (22/5/2022).

"Ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kevakuman kepemimpinan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo sehingga dengan demikian proses pengambilan keputusan penting agar tidak tertunda, dan dapat terlaksana sesuai kewenangan yang ada pada penjabat walik ota dan penjabat bupati," kata Sultan dalam sambutan seusai pelantikan.

Sumadi yang sehari-harinya menjabat sebagai Asisten Sekda DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum terpilih menggantikan sementara jabatan Wali Kota Yogyakarta yang sebelumnya dijabat Haryadi Suyuti.

Baca Juga: Selamat Jalan Prof. Fahmi Idris

Sementara Tri Saktiyana yang menjabat Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan menggantikan sementara jabatan Bupati Kulon Progo yang sebelumnya dijabat Sutedjo.

SK Pelantikan mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri RI No 131.34-1176 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Nomor 131.34-1177 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Kulon Progo.

Sultan mengatakan selama satu tahun ke depan Sumadi dan Tri Saktiyana memiliki tugas, antara lain memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

Baca Juga: SEA Games, Indonesia Akan Utamakan Pembinaan Atlet untuk Cabang yang Banyak Perebutkan Medali

Keduanya memiliki tugas memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta, serta melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 di wilayah masing-masing.

Sultan meyakini keduanya cukup mengenal peta sosiokultural kemasyarakatan DIY, khususnya Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X