• Senin, 3 Oktober 2022

Pemuda Pituruh Tewas Dipatuk King Kobra Peliharaan, Yuk Simak Tips Darurat Atasi Gigitan Ular Berbisa!

- Rabu, 27 April 2022 | 20:13 WIB
Foto KZ saat bermain dengan ular kobra peliharaannya yang akhirnya mematuk dan menyebabkan pemuda ini tewas  (Foto: dok. Polsek Pituruh)
Foto KZ saat bermain dengan ular kobra peliharaannya yang akhirnya mematuk dan menyebabkan pemuda ini tewas (Foto: dok. Polsek Pituruh)

PURWOREJO, harianmerapi.com - KZ , pemuda berusia 17 tahun warga Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo tewas dipatuk ular King Kobra peliharaannya sendiri, Minggu 24 April 2022, sore.

Pemuda warga Kalikotes Pituruh berumur 17 tahun itu meregang nyawa akibat gigitan King Kobra yang memiliki nama latin Ophiophagus Hannah ini.

Pemuda Kalikotes Pituruh ini tergigit ular King Kobra saat sedang memainkannya di lapangan Desa Pituruh, saat ngabuburit menjelang berbuka puasa.

Terlepas bahwa yang namanya kematian sudah menjadi takdir Tuhan, tapi sebenarnya ada yang dapat diusahakan untuk menyelamatkan nyawa manusia dari efek bisa ular King Kobra.

Baca Juga: Para Pemain Bulu Tangkis Indonesia Membuat Kejutan di Kejuaraan Asia 2022 di Manila

Namun memang bukan perkara mudah, sebab bisa yang kadung menyebar di dalam tubuh, bakal susah ditangkal tanpa penanganan yang benar.

Apalagi untuk jenis King Kobra, di mana serum antibisanya belum diproduksi secara khusus di Indonesia.

Reptiler Purworejo R Iman Tjiptadi memberikan tips langkah darurat yang harus dilakukan apabila menjadi korban gigitan ular berbisa.

Tips tersebut, kata Iman, memiliki tujuan mencegah atau setidaknya memperlambat racun ular agar tidak menyebar ke sekujur tubuh.

Baca Juga: Pers Harus Mengkritik dengan Santun

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X