• Sabtu, 21 Mei 2022

Sinergitas Desa Bersinar dan Desa Mandiri Budaya Bantu Cegah dan Berantas Narkoba di Jogja

- Rabu, 12 Januari 2022 | 10:12 WIB
BNNP DIY menggandeng Pemda DIY untuk bersinergi dalam upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkotika di DIY.  (Dokumentasi Humas Pemda DIY         )
BNNP DIY menggandeng Pemda DIY untuk bersinergi dalam upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkotika di DIY. (Dokumentasi Humas Pemda DIY )



JOGJA, harianmerapi.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk bersinergi dalam upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkotika di DIY.

Sinergi dilakukan melalui kolaborasi dan optimalisasi Desa Bersinar dan Desa Mandiri Budaya yang sebelumnya sudah terbentuk.

"Program dari BNNP itu adalah program Desa Bersinar yang nanti akan bersinergi dengan program dari Pemda DIY yaitu Desa Mandiri Budaya," ujar Kepala BNNP DIY Andi Fairan usai bertemu Gubernur DIY, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Pemda DIY Siapkan Isoter dan Faskes Hadapi Omicorn

"Salah satu poin dalam program tersebut adalah mendukung kesehatan masyarakat untuk memberi ketahanan atau pencegahan narkoba di desa dengan pemberian edukasi dan informasi,” lanjutnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY Dewo Isnu Broto mengatakan hal yang sama, bahwa BNNP DIY dapat mendukung program mandiri budaya yang di dalamnya terdapat visi dan misi upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, BNPP DIY dapat bersinergi melalui edukasi dan pemberian informasi kepada masyarakat di Desa maupun Kelurahan.

Baca Juga: Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,5 Km Arah Kali Bebeng, Status Masih Siaga

Di sisi lain, dengan adanya kolaborasi program tersebut diharapkan dapat memudahkan dalam proses pemeriksaan dan audit program.

"Harapannya kalau sudah ada sinergi, tidak akan ada tumpang tindih dalam pelaksanaan dan implementasi di lapangan, sehingga memudahkan dalam hal pemeriksaan,” ujarnya. *

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X