• Sabtu, 28 Mei 2022

Polda DIY Tangkap 5 Anggota Sindikat Narkoba, 7,5 Kg Ganja Gagal Diedarkan ke Pelajar dan Mahasiswa Yogya

- Rabu, 5 Januari 2022 | 21:05 WIB
Petugas menunjukan barang bukti ganja seberat 7,5 kilogram yang diamankan dari lima anggota sindikat jaringan. (FOTO: SAMENTO SIHONO)
Petugas menunjukan barang bukti ganja seberat 7,5 kilogram yang diamankan dari lima anggota sindikat jaringan. (FOTO: SAMENTO SIHONO)

JOGJA,harianmerapi.com-Petugas Ditresnarkoba Polda DIY berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis ganja yang menyasar pelajar dan mahasiwa di Yogya. Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan 5 tersangka dan barang bukti berupa 7,573 kilogram ganja.

Dirresnarkoba Polda DIY Kombes Pol Adhi Joyokusumo SIK didampingi Wadir Narkoba AKBP Bakti Andrianto SIK dan Kasubdit II AKBP Erma Wijayanti SIK mengatakan, pihaknya masih mengembangkan kasus ini.

Para tersangka yang diamankan yakni RD (24) warga Medan, Sumatera Utara, DD (18) warga Depok, Sleman, BM (19) Mahasiswa warga Deli Serdang Sumatera Utara, MA (51) warga Ciwidey, Bandung dan AS (38) warga Bogor Selatan.

Baca Juga: Empat Wisatawan Hanyut di Pantai Glagah Kolon Progo, Satu Tewas Satu HIlang

"Masih kita kembangkan kasus ini, karena tangkapan ini cukup besar di Yogyakarta," kata Kombes Adhi, Selasa (5/1/2022).
Dijelaskan, terungkapnya kasus itu berawal dari adanya informasi peredaran ganja di Depok Sleman. Polisi mendapat info jika banyak ganja yang diedarkan di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Dari Informasi tersebut, Petugas Subdit II Ditres Narkoba Polda DIY yang dipimpin AKBP Erma kemudian melakukan penyelidikan di lapangan. Polisi mendapatkan hasil. Tiga orang pengedar ganja terdeteksi mengontrak sebuah rumah di Depok, Sleman.

Polisi bergerak cepat mengamankan ketiganya yakni RD, DD dan BM. Saat dilakukan penggeledahan petugas menemukan barang bukti tujuh bungkus lakban warna coklat berisi ganja dengan berat total 3.560 gram, delapan bungkus lakban warna coklat berisi ganja dengan berat total 2.100 gram dan sepuluh puntung ganja berat total 4,56 gram.

Baca Juga: Bupati Sleman Jenguk Korban Klitih, Berjanji Giatkan Patroli Malam Hari

Selain itu petugas juga menemukan empat puntung ganja berat total 1,79 gram, dari tangan tersangka.
"Dari hasil penggeledahan kamar tersangka, kami berhasil ditemukan sekira 5,6 kilogram ganja yang disembunyikan di dalam tas, di dalam almari dan di atas lantai kamar kontrakan," ucap Kombes Pol Adhi.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka RD mengaku ganja tersebut didapatkan dari penjual yang belum diketahui identitasya (Mr x). Saat itu RD memesan sebanyak 10 kilogram ganja, Rp 13,5 juta melalui media sosial WhatsApp. Usai mengamankan ketiga pelaku, operasi penangkapan dipajutkan dengan mengamankan dua orang pelaku yang lain.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X