• Senin, 17 Januari 2022

Peluang Untung Budidaya Ikan lebih Tinggi dengan Pakan Mandiri

- Senin, 22 November 2021 | 19:29 WIB
oto bersama kelompok Mina Warta dan pemilik Budi Fish Farm. (Foto: Sulistyanto)
oto bersama kelompok Mina Warta dan pemilik Budi Fish Farm. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com - Berbagai kalangan senang menerjuni budidaya ikan air tawar seperti nila, lele, patin, gurami dan bawal. Apalagi sejak ada pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hasil panenan ikan selain dapat menambah pendapatan, jika dimasak diyakini pula menambah imun. Namun, bisa juga usaha budidaya ikan tak mendapatkan untung sesuai harapan.

Salah satu faktornya yaitu biaya pembelian pakan buatan pabrik termasuk tinggi. Adapun salah satu solusi agar tak rugi karena banyak pengeluaran untuk pembelian pakan, yakni membuat pakan ikan sendiri atau mandiri.

Baca Juga: Pariwisata Jogja Tetap Buka Saat Libur Nataru Tetapi Ada Pembatasan

Dengan cara ini diharapkan peluang untung bisa lebih tinggi. Lalu untuk bisa belajar membuat pakan mandiri, salah satunya di Unit Pembibitan Rakyat (UPR) Budi Fish Farm Donolayan Ngaglik Sleman.

Seperti halnya, Senin (22/11/2021), Kelompok Mina Warta PWI-DIY (Koperasi Pena Kencana PWI-DIY) belajar seputar pakan mandiri di Budi Fish Farm.

Selain itu juga mendapat kesempatan meninjau kolam-kolam di Budi Fish Farm antara lain digunakan untuk memelihara nila, patin dan lele secara intensif.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 22 November: Netizen Gregetan Katrin Putus Pertunangan, Pilih Rendy Balikan Sama Jessica

Plt Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Ir Suparmono MM dan Kabid Perikanan Sleman Ir Sri Purwaningsih MMA hadir pula dalam acara ini.

Menurutnya, pembuatan pakan mandiri di Budi Fish Farm sudah termasuk profesional.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X