• Jumat, 12 Agustus 2022

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Etik Suryani Tebar 50.000 Benih Ikan di Embung Pengantin Wirun

- Jumat, 5 November 2021 | 18:10 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menebar 50.000 benih ikan nila dan gurame di Embung Pengantin Wirun Mojolaban   (Wahyu Imam Ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menebar 50.000 benih ikan nila dan gurame di Embung Pengantin Wirun Mojolaban (Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Sebanyak 50.000 benih ikan nila dan gurame ditebar di Embung Pengantin di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban, Jumat (5/11/2021). Selain itu delapan kelompok berasal dari lima kecamatan mendapat bantuan hibah sarana dan prasarana perikanan.

Kegiatan yang dipimpin Bupati Sukoharjo Etik Suryani tersebut bertujuan melestarikan dan menyediakan ikan sebagai konsumsi masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat, ikan hias, rekreasi, pemancingan, penyedia lapangan kerja sert sumber pendapatan masyarakat.

Baca Juga: Antisipasi Bencana, Pemkab Kulon Progo Minta Masyarakat Bersiap

Saat ini terdapat permintaan yang tinggi untuk bahan pangan ikan di seluruh dunia sehingga menyebabkan overfishing di sektor perikanan. Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan.

Angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah, untuk itu perlu adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan melalui gerakan gemari dengan kelompok sasaran anak usia sekolah, stunting, balita, ibu hamil dan ibu menyusui.

Berbagai kebijakan telah dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sukoharjo, diantaranya pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, fasilitas akses permodalan, pelatihan, inovasi dan teknologi bagi pelaku usaha perikanan.

Baca Juga: Antisipasi Bencana, Pemkab Kulon Progo Minta Masyarakat Bersiap

"Saya sangat mengapresiasi atas penebaran benih ikan dan penyerahan bantuan hibah sarana dan prasarana perikanan. Saya berharap hal ini dapat mendorong dan memberikan stimulan kepada pelaku usaha perikanan untuk tetap melakukan budidaya ikan, menjaga dan meningkatkan jumlah produksi ikan Kabupaten Sukoharjo, mendukung ketersediaan bahan pangan ikan dan penanganan ekonomi akibat pandemi virus Corona sekarang ini," ujarnya.

Bupati berpesan kepada seluruh penerima bantuan diharapkan agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga bantuan ini benar-benar akan mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi pelaku usaha perikanan dan masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X