• Selasa, 30 November 2021

Jika Budidaya Ikan Dikelola Dengan Benar, Bisa Untung Besar

- Senin, 25 Oktober 2021 | 19:42 WIB
Pengurus Mina Warta (Sulistyanto)
Pengurus Mina Warta (Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com - Pembudidaya ikan air tawar seperti nila, gurami, lele, bawal dan patin mudah ditemukan di berbagai tempat. Baik secara mandiri maupun berkelompok. Sebagian di antaranya para pemuda, dan bisa meraih untung maksimal dari usaha tersebut.

Agar bisa meraih untung dari budidaya ikan air tawar ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti dari soal air sampai pakan. Tak kalah penting, ketika bisa mengelola dengan benar dilandasi rasa senang akan berperluang meraih banyak untung. Bukan hal aneh, jika akhirnya banyak generasi muda antusias menerjuni bidang ini.

Hal itu diungkap Plt Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Ir Suparmono MM saat Koordinasi Pengembangan Budidaya Ikan di kompleks kolam kelompok Mina Warta (Koperasi PWI DIY) Margoluwih Seyegan Sleman, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: 41 Peserta Ikuti PKPA Peradi RBA Bakerjasama dengan FH UGM Yogyakarta

Kegiatan dilaksanakan secara santai dan segenap pengurus maupun anggota Mina Warta antusias mengikuti dari awal sampai berakhirnya kegiatan.

Ir Suparmono beserta rombongan seperti Kabid Perikanan Ir Sri Purwaningsih MMA, Penyuluh Perikanan Ahli Kab. Sleman Widyo Satriyo APi, Penyuluh Perikanan Bantu Kapanewon Seyegan Satriyo Anggoro SPi, Staf Bidang Perikanan Ovintia dan Ulu-ulu Margoluwih Sutikno berkenan pula meninjau kompleks kolam Mina Warta. Tak ketinggalan, ada sesi foto bersama.

“Saya optimis, dengan pengelolaan yang benar, bersemangat dan senang menerjuni bidang perikanan, kelompok Mina Warta bisa maju serta berkembang,” tandas Suparmono.

Baca Juga: Sekolah di Zona Kuning Diusulkan Uji Sampel Swab

Ditambahkan pula oleh Sri Purwaningsih, selain pengelolaan yang benar dengan didukung beberapa faktor penting seperti pakan dan air, diharapkan kelompok akan berkembang dengan baik.

Ketika merasa ada kendala, misalnya dalam bidang air yang berkualitas dan kontinyu, dapat mengajukan proposal ke pihaknya, antara lain bisa mendapatkan bantuan pembuatan sumur dangkal serta pompa.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X