• Selasa, 30 November 2021

DPRD DIY Dorong Danais Dialokasikan untuk Perlindungan Hak Disabilitas

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:17 WIB
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana (Foto: Wulan Yanuarwati)
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana (Foto: Wulan Yanuarwati)

JOGJA, harianmerapi.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY mendorong agar Dana Keistimewaan (danais) yang dimiliki Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dapat dimanfaatkan dalam melaksanakan program yang berkaitan dengan perlindungan dan hak-hak terhadap disabilitas.

"Adanya dana keistimewaan di DIY harapan kami bisa meningkatkan secara signifikan berbagai program yang betujuan untuk penghormatan, perlindungan maupun pemenuhan hak disabilitas," ujar Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, Jumat (22/10/2021).

Huda menilai Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD) DIY yang dialokasikan bagi pemenuhan dan perlindungan terhadap disabilitas saat ini tergolong masih kecil.

"Penggunaan dana keistimewaan ini penting menurut kami karena selama ini APBD yang dialokasikan untuk disabilitas masih kecil," imbuhnya.

Baca Juga: DPRD DIY Segera Sahkan Raperda Penanganan Covid-19, Pelanggar Prokes Bisa Ditipiring dan Denda

Menurutnya, sudah seharusnya para disabilitas yang ada di Jogja bisa memiliki hak yang sama dengan warga lainnya. Apalagi Jogja memiliki Danais yang dapat mengakselerasi kebutuhan dan hak-hak disabilitas.

"Semestinya di DIY disabilitas terfasilitasi lebih baik karena adanya keistimewaan. Munkin saat ini sudah ada danais untuk itu tetapi perlu ditingkatkan signifikan kuantitas dan kualitasnya," tegas Huda.

Diketahui, saat ini DPRD DIY tengah membahas dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait disabilitas yakni Raperda tentang Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas serta Raperda tentang Pendidikan Khusus.

"Kedua raperda tersebut ditargetkan sebelum akhir tahun 2021 ini bisa selesai dan ditetapkan karena sangat penting. Raperda pertama sebagai induknya dan kedua sebagai salah satu turunannya," jelas Huda.

Baca Juga: DPRD DIY Minta Kuliah Tatap Muka Segera Digelar untuk Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIY Kini Miliki 134 Warisan Budaya Tak Benda

Jumat, 26 November 2021 | 10:55 WIB
X