• Selasa, 7 Desember 2021

DPRD DIY Segera Sahkan Raperda Penanganan Covid-19, Pelanggar Prokes Bisa Ditipiring dan Denda

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:50 WIB
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana (Foto: Wulan Yanuarwati)
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana (Foto: Wulan Yanuarwati)


JOGJA, harianmerapi.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY segera mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penanganan Covid-19 yang ditargetkan akhir bulan Oktober 2021.

Apabila disahkan, maka pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Jogja dapat terkena penegakan hukum dan sanksi pidana ringan (Tipiring) berupa hukuman penjara selama tiga bulan dan denda maksimal Rp 50 juta.

Raperda Penanganan Covid-19 kita rencana disahkan di akhir bulan ini, teman-teman sudah melakukan public hearing, sudah sosiasliasai. Banyak hal yang sudah dilakukan saya kira sudah siap diparipurnakan dan disahkan,” Ujar Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Kepala Daerah Harus Cek Langsung Prokes PTM

Huda menyebut betapa pentingnya Raperda penanganan Covid-19 sehingga dikebut dalam waktu yang relatif singkat, hanya memakan waktu dua bulan tidak seperti Raperda lainnya yang bisa memakan waktu tahunan.

Meskipun kasus positif Covid-19 di Jogja melandai dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah turun ke level 2, Huda menilai Raperda tetap diperlukan untuk menertibkan warga agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin.

“Sekarang kondisi melandai, kita dulu juga melandai tapi ibaratnya sedia payung sebelum hujan,” imbuh Huda.

Selain sanksi pidana, Raperda juga mengatur soal recovery atau pemulihan ekonomi bagi warga yang terdampak C.

Baca Juga: PPKM DIY Turun Jadi Level 2, Sultan HB X Minta Warga Tetap Patuh Protokol Kesehatan

“Sanksi bertahap mulai sanksi sosial sampai Tipiring. Kita engga menarget keuangan, kita target efek jeranya, ada kerja sosial ada denda. Ada poin-poin tertentu bagi penyelenggara ada teguran lisan tertulis sampai pidana,” jelas Huda.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X