• Sabtu, 4 Desember 2021

Sambut Masa Endemi, Masyarakat Diimbau Bergaya Hidup Sehat dan Taat Prokes

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:50 WIB
Dokumentasi. Petugas Satpol PP membentangkan spanduk imbauan untuk selalu taat prokes di Jl. Cut Mutia, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021).  (ANTARA FOTO/Paramayuda)
Dokumentasi. Petugas Satpol PP membentangkan spanduk imbauan untuk selalu taat prokes di Jl. Cut Mutia, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Paramayuda)



JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah saat ini sedang menyiapkan road map dari pandemi menuju endemi.


Tiga hal yang perlu dilakukan masyarakat untuk memasuki endemi adalah bergaya hidup sehat, ikut vaksinasi dan patuh pada protokol kesehatan.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Suprapto mengungkapkan hal itu melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Bus Arema FC Dirusak di Jogja, Polisi Belum Terima Laporan Resmi

"Pemerintah saat ini sedang menyusun road map dari pandemi menuju endemi sebagai upaya mengendalikan laju penularan Covid-19 dan mengembalikan aktivitas masyarakat secara normal," kata dia

Agus mengatakan tahap awal bagi masyarakat menyongsong endemi bisa dilakukan dengan berperan aktif dalam percepatan vaksinasi, mendisiplinkan kebiasaan memakai masker, menjaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat dan selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat.

 

“Tahap persiapannya yaitu preventifnya harus kuat, misalnya vaksinasinya harus 70 persen, prokes tetap berjalan dengan baik menjadi kebiasaan dalam perilaku masyarakat, kemudian program 3M dan 3T dapat dijalankan oleh petugas-petugas yang kompeten dan bisa dipercaya, itulah saya kira kita sudah memasuki masa persiapan dan transisi,” katanya.

Baca Juga: 4 Skenario Masa Depan Usai Pandemi Covid-19, Begini Versi BPK

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asrama Haji Akan Dijadikan Tempat Karantina Jemaah Umrah

Minggu, 28 November 2021 | 20:05 WIB
X